Lionel Messi Pergi, Pendapatan Barcelona Langsung Anjlok

Selasa, 10 Agustus 2021 - 15:05 WIB
loading...
Lionel Messi Pergi, Pendapatan Barcelona Langsung Anjlok
Barcelona diprediksi akan segera merasakan dampak akibat ditinggal Lionel Messi. Blaugrana hampir pasti bakal kehilangan 11% dari seluruh pendapatan komersial. Foto: reuters
A A A
BARCELONA - Barcelona diprediksi akan segera merasakan dampak akibat ditinggal Lionel Messi. Blaugrana hampir pasti bakal kehilangan 11% dari seluruh pendapatan komersial. Ini bisa menambah parah krisis keuangan yang sedang dialami.

Baca Juga: Tidak Ada Lagi Lionel Messi, Barcelona Tunjuk Sergio Busquets Sebagai Kapten Baru

Publik Catalan harus rela kehilangan Messi Lantaran tidak bisa memperpanjang kontrak. La Pulga dengan berat hati meninggalkan Barcelona dan sudah menyampaikan pidato perpisahan pada akhir pekan lalu.

Perginya Messi dipastikan akan menimbulkan efek negatif bagi Barcelona, khususnya dari segi pemasukan. Pendapatan komersial dari penjualan tiket dan merchandise yang berhubungan dengan Messi diyakini akan menurun.

Menurut laporan brand finance, Barcelona dapat merugi antara 65 juta hingga 116 juta poundsterling atau sekitar Rp1,3 miliar hingga Rp2,3 triliun. Sebanyak 14,5 juta poundsterling dari pendapatan tiket harian dan 36,5 juta poundsterling dari penjualan kaos dan merchandise.

Nilai merek Barcelona saat ini mencapai 1,1 miliar poundsterling atau setara Rp22 triliun. Namun, besar kemungkina lebih dari satu per sepuluh dari angka tersebut akan hilang akibat hengkangnya Messi.

Laporan itu juga menyatakan bahwa El Azulgrana akan turun dari posisi kedua ke posisi ketiga peringkat klub paling berharga di dunia. Tertinggal di belakang Manchester United (MU) dan Real Madrid.

Ini bisa terjadi karena Messi merupakan superstar dunia yang memiliki lebih dari 240 juta pengikut di Instagram. Itu Lebih dari dua kali lipat pengikut akun resmi Barcelona yang berada di angka 99,5 juta.

Popularitas Messi di Barcelona tak hanya di level klub, di negara kelahirannya, Argentina. Itu ditunjukkan dari penghasilan kaus nomor 10 milik Messi di Timnas Argentina mencapai lebih dari 169 juta poundsterling atau sekitar Rp 3,3 triliun rupiah.

Barcelona kini sudah tidak bisa lagi mengeluarkan merchandise yang berkaitan dengan Messi. Kini keuntungan bisa jadi mengarah ke Paris Saint-Germain (PSG) yang konon akan merekrutnya.

Kabar terakhir menyebut PSG telah menyodorkan kontrak dua musim untuk peraih enam kali Ballon d'Or ini. Adapun nilai kontrak berjumlah 25 juta euro atau sekira 413 miliar rupiah termasuk pajak dari transfer sang pemain.

Baca Juga: Suporter PSG Padati Bandara, Sambut Kedatangan Lionel Messi

Messi direncanakan akan tiba di Paris dalam waktu dekat untuk menjalani tes medis. Ribuan penggemar PSG bahkan sudah bersiap menyambut kedatangan sang legenda.
(mirz)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1441 seconds (10.55#12.26)