Jelang Piala Sudirman 2021, Indonesia Unggulan Ketiga

Rabu, 11 Agustus 2021 - 20:01 WIB
loading...
A A A
Negara Eropa lainnya yaitu Inggris, Rusia, Jerman dan Prancis ada di urutan 10, 12,13 dan 14. Di antara negara-negara Eropa, terselip wakil benua Amerika, Kanada, yang duduk di posisi 11. Mesir yang menjadi wakil asal Afrika, dan tampil perdana di Piala Sudirman ada di urutan terakhir alias 16.

Peringkat unggulan di Piala Sudirman itu diambil dari total poin dari tiga pemain dengan peringkat tertinggi di masing-masing nomor di peringkat BWF pada 23 Februari 2021. Rinciannya adalah satu pemain tunggal putra, satu tunggal putri, satu pasangan ganda putra, satu putri pasangan ganda dan satu pasangan ganda campuran. Kemudian, poin itu akan dibandingkan untuk menentukan kekuatan tim secara keseluruhan.

Setelah itu, dari 16 tim yang berpartisipasi akan dipecah menjadi empat grup, masing-masing grup akan diisi oleh empat tim. Juara dan runner-up grup akan lolos ke babak selanjutnya.

Sebelumnya, BWF memilih 16 tim tersebut berdasarkan ranking dunia. Namun, hal ini tidak berlaku pada zona Eropa karena mereka telah melangsungkan Kejuaraan Beregu Campuran pada Februari lalu sebagai syarat lolos ke ajang Piala Sudirman 2021. Keempat tim Eropa yang berhak lolos adalah Denmark, Jerman, Rusia, dan Prancis.

Lalu, untuk zona lainnya BWF memberikan alokasi tersebut berdasarkan ranking dunia. Asia mendapatkan empat jatah yang diberikan kepada Jepang, Indonesia, Taiwan, dan Korea Selatan. Lalu jatah berikutnya diberikan kepada tiga zona lainnya yakni Pan-Amerika, Afrika, dan Oseania. Ketiga zona tersebut masing-masing mendapat satu kuota (Kanada, Mesir, dan Australia).

Sisanya, BWF memberikan tempat kepada China sebagai juara bertahan. Lalu, Thailand, Malaysia, India, dan Inggris juga memiliki jatah lolos ke Piala Sudirman 2021 sebagai penghuni peringkat terbaik di luar ke-12 tim yang telah lolos lebih dulu. Sementara itu, Finlandia yang menjadi tuan rumah akan menjadi tim cadangan jika ada yang mengundurkan diri.

Berikut daftar unggulan negara peserta Piala Sudirman 2021:

1. China
2. Jepang
3. Indonesia
4. Taiwan
5. Korea Selatan
6. Thailand
7. Denmark
8. Malaysia
9. India
10. Inggris
11. Kanada
12. Jerman
13. Rusia
14. Prancis
15. Australia
16. Mesir
(sha)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1491 seconds (0.1#10.140)