Pembelotan Petinju Kuba Nyamar Jadi Gadis demi Gelar di Ring Pro

Sabtu, 21 Agustus 2021 - 09:14 WIB
loading...
Pembelotan Petinju Kuba Nyamar Jadi Gadis demi Gelar di Ring Pro
Pembelotan Petinju Kuba Nyamar Jadi Gadis demi Gelar di Ring Pro/The Sun
A A A
Pembelotan petinju amatir Kuba yang menyamar gadis agar bisa kabur dari negaranya demi mewujudkan impian bertarung di ring profesional. Segala cara dilakukan para petinju juara tinju Olimpiade itu agar bisa meneken kontrak bertarung di ring profesional.

Kuba adalah raja tinju amatir tetapi dilarang pemerintahnya yang beraliran komunis untuk menjadi profesional. Larangan ini membuat beberapa jagoan hebat di masa lalu harus melarikan diri dari negara itu, seringkali dengan kapal cepat dan bahkan menyamar menjadi gadis.

Menjadi profesional di Kuba telah dilarang sejak tahun 1962 karena mendiang pemimpin mereka Fidel Castro itu sangat keras. Sejak saat itu, Kuba diyakinkan untuk berjuang demi negara, bukan uang.



Sedemikian rupa sehingga legenda Kelas Berat Felix Savon - peraih medali emas Olimpiade tiga kali - menolak kesempatan untuk menghadapi Mike Tyson. Promotor legendaris Don King menawarkan Savon banyak tawaran jutaan dolar untuk membelot dan melawan Tyson.

Tapi tanggapannya? ’’Mengapa saya harus bertinju seharga USD1 juta ketika saya bisa bertarung untuk 10 juta orang Kuba?.’’

Terlepas dari kesetiaan Savon pada amatir, tidak semua rekan senegaranya memiliki etos yang sama.Banyak atlet Kuba yang menonjol di Olimpiade 2004 di Athena mengambil risiko untuk pergi dan mengejar impian gelar juara dunia mereka di Amerika.

Odlanier Solis, Yuriorkis Gamboa dan Yan Barthelemy semuanya menjual medali yang mereka menangkan di Yunani seharga £1.000 untuk membeli makanan bagi keluarga mereka. Kemudian, saat melakukan perjalanan ke kamp pelatihan tim di Venezuela pada bulan Desember 2006, mereka kabur menuju ke Kolombia.

Dari sana, mereka pergi ke Jerman dan menandatangani kontrak profesional sambil menunggu visa AS.Ini menginspirasi Guillermo Rigondeaux dan Erislandy Lara keduanya untuk melakukan hal yang sama - tetapi upaya mereka pada tahun 2007 awalnya digagalkan.

Pasangan ini menghilang saat mewakili Kuba di Pan American Games di Rio de Janeiro dan dikirim kembali ke Kuba.Menurut The Independent, mereka berpakaian seperti wanita untuk menyelinap melalui keamanan Brasil, tetapi ditangkap di sebuah rumah bordil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1837 seconds (0.1#10.140)