Kualifikasi Piala Dunia 2022; Southgate Ingin FIFA Hukum Fans Hungaria yang Rasis

Jum'at, 03 September 2021 - 17:05 WIB
loading...
Kualifikasi Piala Dunia 2022; Southgate Ingin FIFA Hukum Fans Hungaria yang Rasis
Pelatih Inggris, Gareth Southgate dan Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) ingin FIFA menghukum perilaku rasis suporter Hungaria. Foto: reuters
A A A
BUDAPEST - Pelatih Inggris, Gareth Southgate dan Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) ingin FIFA menghukum perilaku rasis suporter Hungaria. Sebab, ini jadi sorotan di laga Inggris vs Hungaria pada lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa.



Hungaria dan Inggris bentrok di Parken Arena, Budapest, pada Jumat (3/9/2021). Pada laga kempat Grup I ini The Three Lions menang telak 4-0.

Gol tim tamu diciptakan Raheem Sterling (54’), Harry Kane (62’), Harry Maguire (68’), dan Declan Rice (87’). Sementara Hungaria hampir tidak ada peluang di laga ini.

Namun, terjadi hal buruk di laga yang disaksikan puluhan ribu penonton itu. Ya, penggemar Hungaria menyanyikan lagu bernada rasis serta bertindak anarkis kepada para pemain Inggris.

Contohnya, ketika Sterling selebrasi gol pertama, fans Hungaria melemparkan tempat minum plastik ke arahnya. Selain itu, nyanyian monyet juga dilontarkan menjelang kick-off dan kepada Jude Bellingham yang sedang pemanasan.

Perilaku rasis fans Hungaria memang luput dari perhatian Southgate. Kendati begitu, dia tetap minta ada tindakan tegas dari FiFA bila kejadian itu benar adanya.

“Saya hanya bisa melanjutkan apa yang Anda katakan kepada saya dan jika itu masalahnya maka kami tahu itu tidak dapat diterima,” kata Southgate dikutip dari laman Metro.

“Kami tidak menyadarinya dan kami tidak melakukannya jika para pemain di lapangan, tetapi saya pikir semua orang tahu apa yang telah kami bicarakan selama dua atau tiga tahun lalu,” lanjutnya.

“Mereka tahu apa yang kami perjuangkan sebagai sebuah tim dan kami harus berharap bahwa kami dapat terus memberantas rasisme, tidak hanya dari sepak bola tetapi dari kehidupan secara umum,” tutup Southgate.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1923 seconds (0.1#10.140)