Petarung Transgender MMA Alana McLaughlin Sukses Lakoni Debut

loading...
Petarung Transgender MMA Alana McLaughlin Sukses Lakoni Debut
Petarung Transgender MMA Alana McLaughlin Sukses Lakoni Debut. Foto: The Sun
MIAMI - Petarung transgender MMA , Alana McLaughlin, sukses melakoni debutnya dengan mengalahkan Celine Provost. McLaughlin menjadi petarung transgender kedua sepanjang sejarah gelaran MMA (mixed martial arts).

Tampil melawan Celine Provost di Miami, Amerika Serikat, Sabtu (11/9/2021) waktu setempat, Alana McLaughlin berhasil menang mudah. Mantan tentara Amerika Serikat (AS) itu mengakhiri perlawanan Celine Provost dalam waktu 3 menit 32 detik di ronde kedua.

Baca Juga: Atlet Transgender di Olimpiade Tokyo 2020 Bikin Heboh

Usai pertarungan, Alana McLaughlin yang memulai operasi transgender pada 2010 setelah meninggalkan kesatuannya di Angkatan Darat AS, mengaku gembira dengan kemenangan di laga perdananya. Dia berharap jejaknya dapat diikuti petarung transgender lain yang tertarik terjun ke olahraga MMA.



"Ada harapan besar bahwa akan ada lebih banyak yang mengikuti di belakang saya," kata Alana McLaughlin setelah melakoni pertarungan debutnya, dikutip New York Post, Minggu (12/9/2021).

Alana McLaughlin bukan yang pertama dalam sejarah transgender di MMA. Pada tahun 2012 lalu, Fallon Fox tercatat sebagai wanita transgender pertama yang bertarung di MMA. Empat tahun setelahnya, Patricio Manuel menjadi pria transgender pertama yang tampil di ajang tinju profesional di Amerika Serikat.

Sekadar informasi, meski sudah lebih dari 10 tahun menjadi transgender, Alana McLaughlin baru mulai menekuni MMA setahun yang lalu. Menurut laporan ESPN, dia mendapat izin untuk bertarung dari Komisi Tinju Negara Bagian Florida setelah kadar hormonnya diuji.
(sto)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top