Petarung Transgender MMA, Alana McLaughlin Digulung Gelombang Kritik

loading...
Petarung Transgender MMA, Alana McLaughlin Digulung Gelombang Kritik
Debut Alana McLaughlin pada pertarungan MMA melawan Celine Provost di Miami, Amerika Serikat, Sabtu (11/9/2021) waktu setempat, digulung gelombang kritik / Foto: Newsminatii
MIAMI - Debut Alana McLaughlin pada pertarungan MMA melawan Celine Provost di Miami, Amerika Serikat, Sabtu (11/9/2021) waktu setempat, digulung gelombang kritik. Ini tak lepas dari kemenangan kontroversi atlet transgender tersebut.

McLaughlin sebelumnya mengalami banyak kesulitan menemukan lawan. Ini tidak mengherankan mengingat petarung asal Amerika Serikat itu memiliki tinggi 1,82 meter dan berat 89 kg.

Tapi Celine akhirnya mau meladeni atlet transgender kedua, setelah Fallon Fox, yang bersaing secara profesional dalam pertandingan MMA. Sebelum pertarungan, McLaughlin telah dinyatakan lulus semua tes medis, termasuk tes hormon oleh Komisi Tinju Negara Bagian Florida.

BACA JUGA: Petarung Transgender MMA Alana McLaughlin Sukses Lakoni Debut



Pada pertarungan akhir pekan lalu, McLaughlin mengalahkan Celine dengan kuncian dan mencekik dari belakang dalam waktu 3 menit 32 detik di ronde kedua. Tapi kemenangan itu mendapatkan kritikan pedas dari berbagai kalangan.

McLaughlin, yang pernah bertugas di Pasukan Khusus Angkatan Darat AS pada 2003-2010 dengan bertugas beberapa tahun di Afghanistan sebagai sersan dan mendapatkan delapan penghargaan itu mengatakan, jika ingin melihat atlet transgender, maka harus mewujudkannya. "Jika kita ingin melihat lebih banyak atlet trans, jika kita ingin memberikan lebih banyak kesempatan kepada anak-anak trans, kita harus masuk ke ruang itu dan mewujudkannya," tutur McLaughlin.

Namun, McLaughlin secara mengejutkan mendapatkan kritikan pedas dan tak sedekit yang menyebutnya sebagai pengganggu dan pengecut. Sean Strickland misalnya. Dia menulis pesan pada jejaring sosial media pribadinya.

BACA JUGA: Anthony Joshua Dikalahkan Oleksandr Usyk dalam Pertarungan 12 Ronde

"Ganti nama Anda, panggil diri Anda seorang wanita. MMA wanita, pengecut," tulis Strickland.

Kemudian, kelas bantam UFC Sean O'Malley bergabung dalam kritik: "Saya hanya tidak berpikir itu baik-baik saja, terutama di MMA. Sepertinya dia memiliki testosteron untuk, siapa tahu, 20 atau 30 tahun hidupnya dan Sekarang dia bilang dia seorang gadis. Dan lihat itu, bisa dibilang dia laki-laki. Gadis yang diculik. Maksudku, lihat lengan itu.”



Sementara Produser podcast MMA Angel David Castro juga angkat bicara mengenai kemenangan McLaughlin. "Alana McLaughlin bertransisi 5 tahun lalu, yang berarti dia menjalani 33 tahun hidupnya sebagai seorang pria. McLaughlin bertarung dan memukul seorang wanita biologis, apa dampaknya. Ini membuat tidak masuk akal."
(yov)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top