Pukul KO Musuhnya, Hyun Mi Choi Pertahankan Sabuk Juara WBA

Minggu, 19 September 2021 - 10:10 WIB
loading...
Pukul KO Musuhnya, Hyun Mi Choi Pertahankan Sabuk Juara WBA
Pukul KO Musuhnya, Hyun Mi Choi Pertahankan Sabuk Juara WBA/Boxing Scene
A A A
SEOUL - Petinju wanita Hyun Mi Choi mempertahankan sabuk juara WBA setelah dua kali menjatuhkan musuhnya, Simone Aparecida Da Silva, sebelum menang KO ronde 9. Kemenangan pertamanya dalam jarak hampir enam tahun membuat Hyun Mi Choi mengamankan gelar tinju wanita kelas ringan junior WBA-nya.

Choi mencetak dua knockdown, yang terakhir yang mendorong penghentian langsung pada 0:45 dari ronde sembilan dalam pertarungan gelar di Seoul, Korea Selatan. Perbedaan kualitas terlihat sejak bel pembukaan, dengan Choi mengendalikan pertarungan sepanjang ronde.



Sebuah pukulan tangan kanan menjatuhkan Da Silva di awal ronde kesembilan. Namun, Da Silva masih mampu meneruskan pertarungan. Choi kemudian merangsek dengan melepaskan sebuah hook kiri ke tubuh yang memaksa Da Silva jatuh berlutut. Wasit segera menghentikan pertandingan yang berat sebelah.

Da Silva bukanlah penantang yang berkualitas karena dia adalah seseorang yang siap bertarung yang dirancang untuk membuat Choi tetap aktif saat mengejar peluang yang lebih besar. Juara kelas bulu super dua divisi dan berkuasa—yang telah memegang sabuk utama sejak pertarungan pro pertamanya di tahun 2008.

Hasil itu membuat Da Silva menderita kekalahan keempat berturut-turut. Sedangkan bagi Choi, kemenangan itu membuatnya menambah rekor ringnya menjadi 19-0-1 (5KO). Petinju wanita berusia 30 tahun ini tidak pernah meninggalkan ring tanpa gelar di pinggangnya, sebuah rekor luar biasa yang dimulai dengan kemenangan gelar kelas bulu WBA atas Chunyan Xu dalam debut pro Oktober 2008-nya.



Tujuh pertahanan gelar dibukukannya sebelum naik kelas pada tahun 2013, di mana ia mengklaim gelar sementara sambil menunggu peluang melawan Kina Malpartida dari Peru, yang tidak pernah kembali ke olahraga setelah mempertahankan gelar pada Desember 2012 di Kingston, Jamaika.
Choi berada di jalur untuk pertarungan penyatuan gelarnya sendiri, karena dia akan menghadapi juara bertahan WBC/IBO Terri Harper (11-0-1, 6KO) dari South Yorkshire, Inggris.

Keduanya dijadwalkan bertemu pada 15 Mei di Manchester, Inggris, namun petinju Inggris yang tak terkalahkan itu menderita patah tulang di tangan kanannya dalam sesi sparring hanya sembilan hari sebelum pertarungan. Harper sebelumnya berjuang melalui patah lengan dalam penghentian Katharina Thanderz pada ronde kesembilan November lalu, dengan cedera terakhirnya sekali lagi memaksa operasi dan rehabilitasi fisik berikutnya.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4299 seconds (0.1#10.140)