Menanti Auman Macan Asia di Piala AFF 2020

loading...
Menanti Auman Macan Asia di Piala AFF 2020
Timnas Indonesia tergabung di Grup B Piala AFF 2020 bersama Vietnam, Malaysia, Kamboja dan Laos / Foto: Instagram Shin Tae-yong
JAKARTA - Pembagian grup Piala AFF 2020 telah rampung digelar, Selasa (21/9/2021). Indonesia berada di Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Kamboja dan Laos pada turnamen yang akan digelar pada 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022.

Melihat hasil undian tersebut, sepertinya skuat Garuda berambisi meraih gelar juara untuk pertama kalinya. Maklum, selama mengikuti turnamen dua tahunan ini, Timnas Indonesia dikenal sebagai spesialis runner up sebanyak lima kali, yakni (2000, 2002, 2004, 2010 dan 2016).

Sekarang di Piala AFF 2020, Timnas Indonesia kembali mendapatkan rintangan berat. Pasalnya, mereka berhadapan dengan musuh bebuyutannya, yakni Vietnam dan Malaysia, yang notabene merupakan pernah menjadi juara di turnamen ini.

BACA JUGA: Hasil Drawing Piala AFF 2020: Indonesia Satu Grup dengan Malaysia dan Vietnam



Lantas bagaimana peluang Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 ? Tugas skuat Shin Tae-yong bisa dibilang cukup berat, karena skuat Garuda masih belum menunjukkan perbaikan dari segi permainan.

Pada Babak Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 misalnya. Tim Garuda tidak bisa berbuat banyak. Mereka tenggelam di dasar klasemen Grup G dengan hanya meraih satu poin dari delapan laga yang dimainkan. Tim Merah-Putih hanya mampu mencetak lima gol dan kebobolan 27 gol.

Hasil tersebut, berbanding terbalik dengan apa yang dicapai Vietnam. Tim nasional berjuluk Golden Star Warrior itu mampu lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan duduk di posisi dua klasemen Grup G di bawah Uni Emirat Arab yang bertengger di puncak.

BACA JUGA: Satu Grup dengan Vietnam dan Malaysia di Piala AFF 2020, Misi Balas Dendam Timnas Indonesia

Vietnam berhasil menjadi yang terbaik di antara tim-tim Asia Tenggara lainnya seperti Malaysia, Thailand serta Indonesia yang berada di dalam grup yang sama. Mereka berhasil mengumpulkan 17 poin, hasil dari lima kali menang, dua kali imbang dan satu kali kalah.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top