Catatan Bulu Tangkis: Menakar Peluang Indonesia di Grup Neraka Piala Thomas 2020

Kamis, 07 Oktober 2021 - 14:02 WIB
loading...
Catatan Bulu Tangkis: Menakar Peluang Indonesia di Grup Neraka Piala Thomas 2020
Tim bulu tangkis Indonesia fokus menghadapi Piala Thomas dan Uber 2020/Foto/PBSI
A A A
AARHUS - Tim bulu tangkis Indonesia sudah melupakan kegagalan di Piala Sudirman 2021 dan kini fokus menghadapi Piala Thomas 2020 yang dihelat di Aarhus, Denmark, 9–17 Oktober 2021. Tim Merah Putih harus kerja keras lantaran Hendra Setiawan dkk terjebak di Grup A yang bisa dibilang grup ‘neraka’. Bagaimana peluang mereka?

Tim Merah-Putih akan berjumpa dengan dua tim yang cukup tangguh, yakni Taiwan dan Thailand di Grup A Piala Thomas 2020. Sedangkan satu tim lagi diisi Aljazair yang belum berbicara banyak di perbulutangkisan dunia.



Taiwan diprediksi akan jadi lawan terberat bagi Indonesia di Grup A. Sebab, mereka memiliki pasangan ganda putra pemenang Olimpiade Tokyo 2020, yakni Lee Yang/Wang Chi-Lin.

Jika dilihat dari rekor pertemuan mereka dengan dua pasangan andalan Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, mereka di atas kertas lebih banyak kalah. Bahkan mereka juga tidak pernah menang dari Fajar Alfian/Muhammad Rian yang merupakan ganda putra ketiga Tim Merah-Putih.



Saat bertemu dengan Minions –julukan Kevin/Marcus, Lee Yang/Wang Chi-Lin hanya menang sekali dan kalah tiga kali. Sedangkan kala berjumpa dengan Hendra/Ahsan, mereka menang di lima kesempatan dan kalah enam kali.

Akan tetapi, pada Tokyo 2020 lalu, pasangan Taiwan itu mampu membuktikan diri sebagai yang terbaik. Mereka juga mengalahkan Daddies –julukan Hendra/Ahsan- pada babak semi final dengan skor 21-11 dan 21-10.

Lalu di fase grup, Lee Yang/Wang Chi-Lin mampu mengalahkan Minions dengan skor 18-21, 21-15, dan 17-21. Ditambah lagi, performa Minions juga sedang menurun akhir-akhir ini sehingga Yang/Chi-Lin diprediksi akan sangat menyulitkan Indonesia di sektor ganda putra.

Di sektor tunggal putra, Chou Tien Chen juga akan diandalkan oleh Taiwan. Pemain nomor empat dunia itu kemungkinan akan merepotkan Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie. Sebab, dua pemain Indonesia itu juga sedang tidak dalam performa terbaik mereka. Mereka kesulitan untuk menyumbang poin pada gelaran Piala Sudirman 2021 lalu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1848 seconds (0.1#10.140)