Yamaha Hadirkan R6 Edisi Spesial Ultah R Series

Rabu, 03 Juni 2020 - 10:40 WIB
loading...
Yamaha Hadirkan R6 Edisi Spesial Ultah R Series
Yamaha R6 Edisi Ultah. FOTO/ Ist
A A A
TOKYO - Pabrikan Yamaha resmi menghadirkan YZF-R6 edisi 20th Anniversary. Motor yang diklaim sebagai motor duplikat The Doctor (Valentino Rossi) ini, kini dites di sirkuit balap sebelum dipasarkan.

Dalam rekaman video menunjukkan YZF-R6 di habitat alaminya yakni trek balap cepat mengalir tampak hebat. Motor baru Yamaha ini memiliki tampilan R1-esque dan jika dilihat dalam video ini terlihat YZF-R6 bukanlah motor biasa.

Para pengamat automotif bilang YZF-R6 diprediksi akan menjadi motor terbaik di dunia. Dalam siaran persnya, Yamaha menyebutkan alasan peluncuran motor tersebut di Amerika Serikat adalah karena angka penjualan versi lama yang sangat bagus. YZF-R6 adalah salah satu motor sport terlaris di Negeri Paman Sam dengan penjualan mencapai 150.000 unit sejak diperkenalkan pada 1999. (BACA JUGA: Benelli Imperiale 530 Siap Saingi Honda Rebel 500)

YZF-R6 juga telah membuktikan kualitasnya dengan menjuarai World Supersport Championships tiga kali dalam tujuh tahun terakhir, serta 21 trofi AMA Professional Road Racing dalam 13 tahun terakhir.

Motor 600cc ini telah membuktikan diri sebagai kendaraan pacu yang ringan, gesit, kencang, dan motor dengan desain paling dinamis di kelasnya.

Desain YZF-R6 yang diambil persis dengan motor tunganga The Doctor jelas terinspirasi oleh rancangan YZF-R1 yang disebut Yamaha sebagai "Next generation R-DNA". Fairing depan dan tebeng penahan angin yang baru bisa mengurangi koefisien drag hingga 8 persen.Desain terbaru ini lebih membuat motor kencang dari pendahulunya

Selain itu desain lampu LED depan dan indikator lainnya juga berubah terinspirasi R1. Urusan rangka, Yamaha tidak mengubah rangka sama seperti R6 seri lama, versi 2017 juga memiliki panjang 2.040mm, lebar 695mm, dan tinggi 1.150mm, dengan jarak roda 1.375mm serta tinggi tempat duduk 85 mm. (BACA JUGA: Ini Penantang R25 dan Ninja, Suzuki Bakal Hadirkan Gixxer 250)

Mesin yang digunakan juga masih sama, yakni 599cc berpendingin cairan DOHC 4-silinder segaris dengan 16 katup yang terbuat dari titanium. Akan tetapi Yamaha tidak mengungkap besar tenaga dan torsi maksimal YZF-R6 ini.

Morebike memperkirakan mesin tersebut bisa mengeluarkan tenaga antara 100-120 hp yang disalurkan ke roda belakang lewat transmisi 6-percepatan. Dan dipastikan urusan lari YZF-R6 akan melesat secepat kilat.

Sistem ABS dan kedua suspensi yang digunakan juga diganti baru. Roda depan menggunakan suspensi USD (upside down) KYB 43mm dengan travel 119,38mm, sementara roda belakang menggunakan KYB Piggyback dengan travel yang sama. Kedua suspensi bisa disesuaikan. Tangki bahan bakar yang versi lama dibuang digantikan dengan bahan yang terbuat dari aluminium dan kini lebih ringan 1,2 kg.
(vit)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1828 seconds (0.1#10.140)