Jalan Indonesia ke Final Piala Thomas 2020: Lolos Grup Neraka, Ganyang Malaysia, hingga Singkirkan Tuan Rumah

Minggu, 17 Oktober 2021 - 15:38 WIB
Jalan Indonesia ke Final Piala Thomas 2020: Lolos Grup Neraka, Ganyang Malaysia, hingga Singkirkan Tuan Rumah
Indonesia melakoni jalan terjal untuk lolos ke final Piala Thomas 2020. Foto: Badminton Indonesia
A A A
AARHUS - Indonesia selangkah lagi merengkuh gelar Piala Thomas 2020 . Jalan terjal dilalui Merah Putih untuk sampai ke partai puncak.

Pertandingan final Indonesia vs China akan berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021). Ini merupakan kesempatan untuk menghapus dahaga gelar di Piala Thomas yang terakhir kali direbut pada 2002.

Baca Juga: Mengingat Pertemuan Pertama dan Teranyar Indonesia vs China di Piala Thomas

Perjalanan Indonesia ke final Piala Thomas 2020 sendiri tidak dilalui dengan mudah. Di fase penyisihan grup, Merah Putih terjebak di grup neraka bersama Aljazair, Thailand, dan Taiwan.



Setelah melibas Aljazair dengan kemenangan 5-0, Indonesia dipaksa memeras keringat saat bentrok Thailand. Kemenangan Merah Putih terbilang dramatis karena harus ditentukan oleh Shesar Hiren Rhustavito yang turun di partai terakhir.

Indonesia baru bisa lolos dari fase grup setelah menghadapi Taiwan. Itu pun skuat Merah Putih baru bisa menang setelah melakoni partai terakhir yang dimainkan Shesar Hiren Rhustavito.

Baca Juga: Mengingat Pertemuan Pertama dan Teranyar Indonesia vs China di Piala Thomas

Setelah lolos dari fase grup, hasil drawing mempertemukan Indonesia dengan Malaysia di babak perempat final. Sebelum dimulai, pertandingan ini diyakini akan berjalan sengit mengingat sejarah rivalitas keduanya. Namun, secara mengejutkan Indonesia bisa menang mudah 3-0 lewat Anthony Sinisuka Ginting, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, dan Jonatan Christie.

Setelah mengganyang Malaysia, di partai semifinal Merah Putih bentrok tuan rumah Denmark yang berambisi mengangkat trofi di rumah sendiri. Celakanya, Indonesia lebih dulu kalah di partai pertama setelah Anthony Ginting dibekuk Viktor Axelsen.

Namun, secara 'ajaib' Indonesia berhasil bangkit; berbalik memimpin, hingga akhirnya menang 3-1 lewat aksi Marcus/Kevin, Jonatan Christie, dan Fajar/Alfian. Hasil itu membuat Indonesia kini lolos ke final Piala Thomas.
(sto)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.0938 seconds (10.177#12.26)