Kesamaan Menpora Zainudin Amali dan Roy Suryo, Sama-Sama Pernah Keseleo Lidah

Rabu, 20 Oktober 2021 - 09:10 WIB
loading...
Kesamaan Menpora Zainudin Amali dan Roy Suryo, Sama-Sama Pernah Keseleo Lidah
Menpora Zainudin Amali dan Roy Suryo ternyata pernah keseleo lidah. Baik saat memuji penampilan atlet maupun ketika menyebut tahun penyelenggaraan event turnamen bergengsi / Foto: Kolase
A A A
JAKARTA - Kinerja Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali saat ini tengah mendapat sorotan tajam dari masyarakat Tanah Air. Itu tak lepas dari kehebohan yang terjadi di Piala Thomas 2020.

Pada Minggu (17/10/2021) malam WIB, seluruh masyarakat di Tanah Air tengah bergembira melihat keberhasilan tim beregu putra Indonesia menghapus dahaga 19 tahun dengan merebut Piala Thomas 2020. Tapi di balik kegembiraan itu muncul cerita yang sangat menyedihkan ketika bendera Merah Putih justru tidak terlihat saat Hendra Setiawan dkk berdiri gagah di podium juara.

Alhasil, saat lagu kebangsaan Indonesia berkumandang di Ceres Arena tidak ada ritual penghormatan pada bendera Merah Putih. Yang terlihat hanyalah para pebulu tangkis dan pelatih menatap pandangannya ke depan sembari meletakkan tangan kanannya mendekap dada mereka.

BACA JUGA: Bentuk Tim Investigasi, Menpora Siap Perkarakan Pihak yang Bersalah

Ini tentunya menjadi tontonan yang sangat menyedihkan. Pasalnya, masyarakat Indonesia sudah lama menunggu Piala Thomas kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi setelah 19 tahun lamanya.

Insiden ini terjadi lantaran adanya sanksi tegas yang dijatuhkan Badan Anti Doping Dunia ( WADA ) terkait ketidakpatuhan Indonesia dalam memberikan doping. Akibatnya, BWF menggantikan bendera Merah Putih dengan PBSI.

Keesokkan harinya, Senin (18/10/2021), Menpora dan beberapa pejabat Lembaga Anti Doping Indonesia (LADI) menggelar konferensi pers untuk menanggapi kehebohan yang terjadi di Piala Thomas. Dalam kesempatan itu, baik Menpora maupun LADI sama-sama meminta maaf atas kejadian ini.

BACA JUGA: APKORI Dukung dan Apresiasi Langkah Cepat Menpora Terkait Sanksi WADA

Menpora pun lantas membentuk tim akselerasi dan investigasi. Belum juga usai masalah sanksi WADA, nama Menpora tiba-tiba menjadi Trending Topic lantaran kekeliruan Zainudin Amali saat menyebut duet Fajar Alfian-Muhammad Rian Ardianto, kurang dikenal publik, saat diwawancarai salah satu media swasta.

Video penggalan wawancara itu diunggah ke Twitter oleh pemilik akun @andar_sihombing pada 17 Oktober 2021. Dan, baru direspon publik Tanah Air keesokkan harinya.

Dalam wawancara itu, Menpora bermaksud memuji penampilan Fajar/Rian yang menyumbangkan poin untuk kemenangan Indonesia atas China di final Piala Thomas 2020. Tapi Zainudin Amali justru terpeleset lidah ketika menyebut Fajar/Rian sebagai pemain tunggal, seharusnya ganda.

BACA JUGA: Dinilai Remehkan Sanksi WADA kepada Indonesia, Menpora Amali Beri Penjelasan

"Ada tunggal putra kita yang baru, Fajar dan Rian, ya. Sebelum-sebelumnya, kan, publik juga tidak begitu kenal dengan mereka. Bahkan menang 2 set langsung. Itu hal yang bagi saya menggembirakan," kata Menpora dalam wawancara itu.


Ucapan Menpora itu membuat netizen geram dan langsung menghujani video itu dengan komentar. Kejadian seperti ini sebenarnya pernah terjadi di zaman Roy Suryo .

Mantan Menpora yang satu ini juga pernah keseleo lidah ketika salah menyebut tahun penyelenggaraan Asian Games ke-18 yang akan dilangsungkan di Surabaya. Saat itu ia menyebut tahun penyelenggaraan 2022.

Padahal, Asian Games ke-18 akan dilangsungkan 2019. "Kabar terakhir menyebut Vietnam mengundurkan diri. Jadi Jawa Timur akan menjadi tuan rumah Asian Games 2022," sebut Roy saat itu.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0142 seconds (0.1#10.140)