Tim Avintia Ducati Pecat Mekanik Gara-Gara Palsukan Tes PCR

Rabu, 20 Oktober 2021 - 21:05 WIB
loading...
Tim Avintia Ducati Pecat Mekanik Gara-Gara Palsukan Tes PCR
Salah satu mekanik tim Avintia Ducati Esponsorama dipecat. Pemecatan ini dilakukan lantaran ia ketahuan memalsukan hasil tes PCR / Foto: Instagram Avintia Ducati Esponsorama
A A A
BOLOGNA - Salah satu mekanik tim Avintia Ducati Esponsorama dipecat. Pemecatan ini dilakukan lantaran ia ketahuan memalsukan hasil tes PCR.

Sejak pandemi Covid-19 melanda sejumlah negara di dunia, ada sejumlah persyaratan tertentu yang diberlakukan. Bukan hanya penggunaan masker saja, tes PCR pun menjadi sebuah keharusan ketika seseorang akan mengunjungi negara lain.

Inilah yang berlaku di MotoGP . Musim ini ajang kejuaraan grand prix itu digelar dengan sedikit berbeda. Pandemi covid-19 yang masih melanda dunia membuat Dorna selaku pihak penyelenggara memberlakukan protokol kesehatan yang ketat, salah satunya dengan sistem bubble.

BACA JUGA: Valentino Rossi Pensiun dari MotoGP Akhir Musim Ini, Bagnaia: Sulit Diterima!

Hal itu membuat setiap orang yang akan masuk ke paddock MotoGP harus menunjukkan hasil negatif dari tes PCR terlebih dahulu guna mencegah tersebarnya virus yang berasal dari Wuhan itu. Namun, salah satu mekanik Avintia malah melanggarnya dengan melampirkan hasil tes yang palsu.

Pada Selasa (19/10/2021), sang mekanik ketahuan memalsukan hasil tes PCR -nya di sebuah laboratorium di Quiron, Spanyol, yang dilakukannya satu hari sebelumnya. Dia melakukannya untuk bisa masuk ke paddock di MotoGP Emilia Romagna, akhir pekan ini. Setelah terbukti bersalah, mekanik yang tak disebutkan namanya itu langsung diberikan sanksi oleh International Race Teams Association (IRTA).

Dia dilarang untuk terlibat dalam dunia MotoGP hingga akhir tahun 2021. Menyikapi hukuman tersebut, Avintia langsung mengonfirmasi bahwa mereka telah menutup hubungan dengan anggota timnya yang sembrono itu.

BACA JUGA: Valentino Rossi Tetap Bisa Tersenyum Meski Pensiun dari MotoGP dengan Hasil Minim

Tim Avintia juga mengatakan bahwa tindakan tersebut telah merusak citra tim dan juga balapan MotoGP. "Dari Avintia Esponsorama Racing kami menunjukkan kepatuhan total kami dengan semua tindakan yang diambil oleh Dorna dan IRTA itu. Kami berkewajiban untuk mengambil tindakan disipliner khusus dan menutup semua hubungan dengan anggota tim kami, yang kemarin, berkat kerja keras yang dilakukan oleh Dorna dan IRTA, gagal memalsukan tes PCR untuk mendapatkan akses ke paddock Sirkuit Misano untuk grand prix berikutnya,” kata Avintia dilansir dari Motorsport, Rabu (20/10/2021).

"Perilaku ini tidak hanya merusak citra tim. Tetapi juga seluruh paddock dan kejuaraan secara keseluruhan. Avintia Esponsorama Racing ingin meminta maaf dan berterima kasih kepada Dorna dan IRTA atas semua upaya yang dilakukan untuk menjaga keselamatan semua orang di paddock MotoGP, sehingga kejuaraan dapat berjalan dengan baik,” pungkas pernyataan tim Avintia.

Sekadar informasi, balapan MotoGP Emilia Romagna akan berlangsung pada Minggu (24/10/2021) pukul 19.00 WIB. Seri tersebut dihelat di Misano World Circuit Marco Simoncelli.

View this post on Instagram

A post shared by Avintia Esponsorama (@esponsoramaracing)

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1063 seconds (0.1#10.140)