Sebabkan Persebaya Gagal Kalahkan Persela di Liga 1, Aji Santoso Kritik Kinerja Wasit

Jum'at, 22 Oktober 2021 - 04:30 WIB
Sebabkan Persebaya Gagal Kalahkan Persela di Liga 1, Aji Santoso Kritik Kinerja Wasit
Persebaya Surabaya hanya meraih hasil imbang 1-1 kontra Persela Lamongan pada lanjutan Liga 1 2021/2022. Ini membuat Aji Santoso mengkritik wasit. Foto: Avirista Midaada / MPI
A A A
SLEMAN - Persebaya Surabaya hanya meraih hasil imbang 1-1 kontra Persela Lamongan saat Derby Jawa Timur pada lanjutan Liga 1 2021/2022. Bajul Ijo sebenarnya mencetak dua gol di babak pertama. Itu andai saja tendangan bebas Jose Wilkson yang sudah melewati garis gawang disahkan wasit Mustofa Umarella.

Baca Juga: Hasil Liga 1: Penuh Drama, Duel Persebaya vs Persela Berakhir Sama Kuat

Sesaat kemudian serangan balik dari Persela membuat pertahanan Persebaya bobol melalui tendangan Ivan Carlos menit ke–35. Gol ini seharusnya dianulir karena Carlos terlihat dalam posisi offside.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso dibuat murka dengan keputusan wasit asal Jakarta ini. Dia mengaku telah melihat tayangan ulang tendangan bebas Wilkson. Menurutnya bola telah melewati garis gawang, sebelum akhirnya diamankan kembali penjaga gawang Dwi Kuswanto.



“Saya sampaikan setelah masuk di ruangan ganti pemain, saya melihat foto saya melihat siaran ulang, saya melihat kejadian bahwa yang pertama, ketika Persebaya cetak gol 100 persen itu gol 100 persen, gol karena sudah melewati batas garis,” ucap Aji Santoso saat konferensi pers virtual, pada Kamis malam (21/10/2021).

Aji juga mengkritik keputusan wasit yang tetap mengesahkan gol Carlos. Padahal pemain asal Brasil ini sudah berada pada posisi offside sebelum melakukan dribbling dan menendang bola yang bersarang ke gawang Andika Ramadhani.

“Ini saya tidak menyalahkan siapa-siapa, yang jelas komisi wasit harus segera turun tangan, dan untuk mengevaluasi,” ujar pelatih kelahiran Malang ini.

Dia juga memaparkan kontroversi wasit ini dilihatnya tak hanya terjadi di laga Liga 1 saja, juga Liga 2. Dimana Aji juga menyoroti banyaknya keputusan wasit yang dianggap sangat kontroversial.

“Karena tidak hanya di Liga 1, di Liga 2 juga banyak keputusan-keputusan yang sangat kontroversial. Ini tidak bisa dibiarkan, kalau ingin sepakbola kita berkembang, sepakbola kita maju, tidak bisa dibiarkan, apakah itu di Liga 1 atau Liga 2, saya lihat banyak kejadian–kejadian janggal,” terangnya.

Pemain belakang Persebaya, Mokhamad Syaifuddin juga menyayangkan keputusan wasit yang dianggap cukup kontroversial. Apalagi ada dua keputusan itu sangat mempengaruhi hasil laga Derby Jatim tersebut.

Baca Juga: Bus Dilempar Batu, Presiden Arema FC: Fanatik Boleh, Arogan dan Anarkis Jangan!

“Beberapa keputusan wasit yang bisa dibilang merugikan tim, Persebaya yang seharusnya bisa memenangkan pertandingan. Ke depannya kami berharap kepemimpinan wasit lebih adil dan lebih fair, buat kepentingan maupun kebaikan bersama,” pungkasnya.
(mirz)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1537 seconds (10.55#12.26)