Rossi Tak Yakin Penambahan Batas Usia di Moto3 dan Moto2 Mengatasi Masalah Keselamatan

Senin, 25 Oktober 2021 - 23:59 WIB
Rossi Tak Yakin Penambahan Batas Usia di Moto3 dan Moto2 Mengatasi Masalah Keselamatan
Valentino Rossi tak yakin peningkatan batas usia akan memperbaiki masalah/Foto/Twitter
A A A
MISANO - Valentino Rossi tak yakin peningkatan batas usia dari 16 menjadi 18 tahun di kategori junior kelas Moto3 dan Moto2 akan memperbaiki masalah. Namun, pembalap Petronas Yamaha SRT itu mengaku keputusan itu lebih baik dibanding dengan yang sekarang ini.

Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) dan Dorna Sports telah mengumumkan peraturan baru untuk kategori junior dengan meningkatkan pembatasan usia minimum. Yang mana dari yang tadinya usia minimal 16 tahun dinaikkan menjadi 18 tahun.

Baca juga: Hasil MotoGP Emilia Romagna 2021: Marquez Tercepat, Fabio Quartararo Juara Dunia MotoGP 2021!

Hal tersebut untuk meningkatkan keselamatan para rider remaja pada kelas Moto3 dan Moto2. Mengingat banyaknya insiden fatal yang terjadi pada tahun ini. Peraturan tersebut, akan diberlakukan pada 2023 mendatang.



Salah satunya yang menimpa sepupu Maverick Vinales yaitu Dean Berta Vinales. Yang mana sepupu dari pembalap Aprilia tersebut mengalami insiden kecelakaan dan harus merenggut nyawanya pada kejuaran Supersport 300 beberapa bulan lalu.

Baca juga: Profil Fabio Quartararo: Kudeta Valentino Rossi hingga Juara Dunia MotoGP 2021

The Doctor –julukan Rossi- yang merupakan sosok veteran di dunia MotoGP memberikan komentarnya mengenai peraturan baru tersebut. Menurut pemilik gelar sembilan kali juara dunia itu, aturan baru tersebut lebih baik meskipun tidak langsung memperbaiki semua masalah yang ada.

“Khusus untuk Moto3, dari 16 hingga 18 adalah perubahan besar karena semua orang ingin memulai sesegera mungkin,” kata Rossi, dilansir dari Motorsport, Minggu (24/10/2021).

“Ini perbedaan besar karena dua tahun itu banyak. Saya tidak tahu, pasti, untuk keamanan ini lebih baik tetapi saya tidak tahu apakah itu akan memperbaiki semua masalah. Saya pikir lebih penting bahwa semua pengendara memiliki perilaku yang lebih baik ketika mereka berada di satu perjalanan,” jelas pembalap berusia 42 tahun tersebut.

“Mereka harus mengikuti balapan dengan lebih tepat, arah balapan dan mereka harus mendapat arahan balapan dengan lebih. Saya mulai di usia 17 tahun pada kejuaraan dunia 25 yang lalu, jadi usia 18 cukup tinggi,” sambungnya.

The Doctor tealh melakoni balapan yang penuh emosional di MotoGP Emilia Romagna 2021. Ini merupakan balapan terakhir di kampung halamannya, Italia di Sirkuit Misano, Minggu (24/10/2021).
(sha)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2181 seconds (11.97#12.26)