Terungkap, Penyebab Elkan Baggott Menolak Dinaturalisasi Timnas Indonesia

Senin, 25 Oktober 2021 - 12:55 WIB
Terungkap, Penyebab Elkan Baggott Menolak Dinaturalisasi Timnas Indonesia
Terungkap, Penyebab Elkan Baggott Menolak Dinaturalisasi Timnas Indonesia. Foto: Dok PSSI
A A A
JAKARTA - Pemain keturunan Indonesia yang lahir di Bangkok, Thailand, Elkan Baggott , dikabarkan menolak untuk membela Skuad Garuda. Terdapat beberapa penyebab Baggott gagal bergabung dengan Merah Putih.

Nama Elkan Baggott kembali mencuat setelah Ketua Umum PSSI , Mochamad Iriawan, buka-bukaan soal persiapan Timnas Indonesia U-23 dalam laga krusial di Grup G kualifikasi Piala Asia U-23. Kata pria yang akrab disapa Iwan Bule, PSSI telah meminta Baggot untuk bergabung namun mendapat penolakan.

Baca Juga: Tuding Mason Greenwood Penyebab MU Dibantai Liverpool

Bek jangkung asal klub Ipswich Town itu selalu menolak saat dipanggil untuk bergabung dengan Skuad Garuda dengan berbagai alasan. Padahal, menjelang Piala Dunia U-20 2021 yang pada akhirnya batal, Baggott mengajukan diri ke PSSI agar bisa bergabung.

Lantas, apa yang membuat Baggott kini menolak bergabung dengan Timnas Indonesia? Dalam keterangan tertulis yang pernah dimuat PSSI, Sekjen PSSI, Yunus Nusi pernah menjelaskan alasan kali pertama Baggott menolak memenuhi panggilan Timnas Indonesia.



Saat itu Mei 2021, Timnas Indonesia sedang menggelar persiapan untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia di Dubai. Namun, Baggott beralasan pertama, dia menganggap Dubai sebagai daerah rawan Covid-19 . Kedua, bek berpostur 196 cm ini enggan menjalani karantina ketika kembali ke Inggris nanti.

"Ipswich Town sebetulnya sudah memberikan jawaban kepada PSSI bahwa Elkan Baggott akan bergabung dengan Timnas Indonesia pada 31 Mei 2021, namun yang bersangkutan tidak bisa berangkat ke Dubai," jelas Yunus Nusi saat itu.

Belakangan terungkap, Elkan Baggott lebih memilih bergabug dengan tim nasional lain. Di usia yang baru 19 tahun dan tanpa pernah tampil bersama Timnas Senior, Baggott berpeluang untuk memperkuat Thailand sebagai negara kelahirannya, atau Timnas Inggris .

"Kelihatannya begitu [memilih timnas negara lain] sudah beberapa kali kita kontak," kata Ketum PSSI, Mochamad Iriawan.
(sto)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1373 seconds (10.55#12.26)