Profil dan Sepak Terjang Stefano Lilipaly

Jum'at, 29 Oktober 2021 - 23:04 WIB
loading...
Profil dan Sepak Terjang Stefano Lilipaly
Stefano Lilipaly merupakan pesepak bola Belanda keturunan Maluku, Indonesia, yang kini merumput bersama Bali United. Pemain kelahiran Belanda, 10 Januari 1990 itu sudah jatuh cinta dengan olahraga ini sejak usianya masih sangat belia / Foto: Instagram Ste
A A A
JAKARTAPESE - Stefano Lilipaly merupakan pesepak bola Belanda keturunan Maluku, Indonesia, yang kini merumput bersama Bali United. Pemain kelahiran Belanda, 10 Januari 1990 itu sudah jatuh cinta dengan olahraga ini sejak usianya masih sangat belia.

Lilipaly memulai karier sepak bolanya sejak tahun 2000-an dengan bergabung bersama FC Utrecht di level junior. Saat pertama kali bertanding di bawah bendera FC Utrecht, Lilipaly sudah tampil gemilang dengan mempersembahkan satu gol.

Karena perannya pula, FC Utrecht bisa mendapatkan piala KNVB Junior musim 2009–2010. Permainan Lilipaly terus menunjukkan perkembangan. Ia terpilih untuk memperkuat FC Utrecht pada level senior dan bermain di de Eredivisie, yang merupakan liga utama Belanda.

BACA JUGA: Hasil Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23: Garuda Muda Tersingkir

Ketika itu, penampilan perdananya melawan VVV-Venlo pada 2011. Meskipun pertandingan akhir tanpa gol, namun penampilan Lilipaly terus menjadi sorotan. Ia juga merasa puas karena sudah merasa memberikan yang terbaik dalam debutnya di liga Belanda itu.

Sepak Terjang

Lilipaly diketahui mengubah kewarganegaraannya menjadi WNI pada 2013. Berbagai sumber menyebut, awalnya ia tidak ingin melepas statusnya sebagai warga Belanda dan ingin mendapat kewarganegaraan ganda, yakni Belanda dan Indonesia.

Namun, pemerintah tidak mengizinkan hal tersebut. Lilipaly mengaku, ia sangat senang bermain di Indonesia karena masyarakatnya sangat ramah, serta cuacanya yang sangat pas bagi dia. Sejak resmi menjadi WNI, Lilipaly aktif membela kesebelasan timnas.

BACA JUGA: Liga 1 2021-2022: Ditahan Imbang Barito, Persela Naik ke Peringkat 10

Pertandingan perdananya sebagai WNI terjadi pada Agustus 2013, ketika berhadapan dengan Filipina. Dalam pertandingan itu, ia tercatat sekali melakukan umpan matang. Indonesia pun menang atas Filipina dengan skor 2-0. Sebenarnya, Lilipaly juga pernah membela timnas U-15 hingga U-18 Belanda. Namun, ia lebih memilih untuk membela Indonesia di kemudian hari.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1152 seconds (0.1#10.140)