8 Petinju Indonesia Juara Dunia: Dibuka Ellyas Pical, Ditutup Prajurit TNI AU

Rabu, 03 November 2021 - 08:10 WIB
loading...
A A A
6. Chris John
Siapa yang tidak kenal dengan petinju legendaris Indonesia yang satu ini. Petinju berjuluk The Dragon itu menjadi juara dunia terlama dalam sejarah tinju Indonesia. Chris John mengusai tinju kelas Bulu WBA selama 10 tahun dari 2003-2013. Chris John mengawali dengan menjadi juara interim Kelas Bulu WBA dengan mengalahkan Oscar Leon.

Selanjutnya, Chris John menjadi juara sepenuhnya setelah menaklukkan Osamu Sato pada 4 Juni 2004. Selama dekade kekuasaannya, Chris mampu mempertahankan gelar Kelas Bulu WBA sebanyak 10 kali. Chris John kemudian menjadi juara Kelas Bulu Super WBA dengan menaklukkan Rocky Juarez. Chris mempertahankan sabuk KElas Bulu Super WBA selama enam kali. Dominasi Chris John dihentikan Simpiwe Vetyaka pada 6 Desember 2013.



Sebelum menggeluti dunia pertinjuan Indonesia, pada awalnya Chris John mengawali kariernya sebagai atlet wushu. Dikutip dari Wikipedia, pria bernama asli Yohannes Christian John ini mengawali kariernya ke khalayak publik dalam acara tinju yang ditayangkan di RCTI dan disiarkan pada pukul 22.00 WIB.

7. Daud Yordan
Daud Yordan, satu dari sedikit petinju profesional kelas dunia yang dimiliki Indonesia. Daud Cino Yordan merupakan satu-satunya petinju Indonesia yang berhasil memiliki sekaligus 3 gelar juara dunia. Daud Yordan menjadi juara dunia Kelas Bulu WBO setelah meng-KO Lorenzo Villanueva dalam 2 ronde.

Setelah mempertahankan gelar melawan Shoi Tseveenpurev, Daud kehilangan sabuk juaranya setelah kalah TKO dari Simpiwe Vetyeka pada 2013. Daud bangkit ketika merebut sabuk juara Kelas Terbang WBO mengalahkan Daniel Eduardo Brizuela dengan angka pada 6 Juli 2013. Daud Yordan menambah sabuk juaranya setelah menjadi juara dunia Kelas Ringan Super WBO dan IBA setelah menang TKO atas Michael Mokoena pada 17 November 2019.

8. Ongen Saknosiwi
Ongen Saknosiwi sangat spesial setelah menjadi juara dunia tinju Kelas Bulu IBA. Ongen yang juga prajurit TNI-AU menjadi juara dunia ketika merebut sabuk lowong dengan mengalahkan Marco Demecillo pada 17 November 2019.

Banyak yang belum tahu siapa itu Ongen Saknosiwi. Ia merupakan petinju kelahiran Maluku yang mengawali karier tinju profesional saat mengalahkan Imanuel Hutagalung di domestik. Anak kedua dari lima bersaudara ini menaklukkan Nanthawat Maolichat untuk menjadi juara Kelas Bulu WBC Asian Boxing Council Continental.
(aww)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1671 seconds (0.1#10.140)