Jawa Barat Bidik 290 Medali dan Gelar Juara Umum Peparnas XVI Papua 2021

Minggu, 07 November 2021 - 01:02 WIB
loading...
A A A
"Diharapkan kami bisa membawa pulang sekitar 130 medali emas, 90 perak, dan untuk perunggu 70 medali. Jika itu bisa kita rebut, maka status juara umum bisa dihadirkan," tegas Dedi.

Menurut Dedi, dari 12 cabor yang dipertandingan, sedikitnya terdapat empat cabor yang diunggulkan Jabar, yakni cabor atletik, renang, tenis meja, dan panahan.

"Pada atletik kami targetkan 50 medali emas, di cabor renang 20 medali emas. Kita juga targetkan mengamankan medali sebanyak-banyaknya untuk cabor tenis meja dan panahan. Pada 2016 Jabar kan juara umum, sekarang juga kami targetkan kembali juara umum," papar Dedi.

Lebih lanjut Dedi mengatakan, pihaknya menyoroti soal aturan bagi para atlet yang akan bertanding sesuai informasi dari laman www.peparnas16papua.com, atlet yang pernah berlaga di ajang internasional hanya mendapat kesempatan berlaga pada satu nomor pertandingan.

Menurut Dedi, di satu sisi, regulasi tersebut cukup positif karena mendukung upaya regenerasi atlet nasional. Namun, di sisi lain, aturan baru tersebut menjadi tantangan bagi Jabar mengingat cukup banyak atlet Jabar yang kerap mentas di ajang internasional kini harus beristirahat di Peparnas XVI Papua 2021.

"Di Jabar ini ada 75 orang atlet nasional, itu cukup banyak. Akhirnya, setelah diseleksi hanya 20 orang atlet yang bisa mengikuti sesuai dengan cabor keahliannya. Aturan ini menjadi tantangan bagi kami, walaupun secara pengembangan atlet ini bagus juga karena tujuannya regenerasi," jelas Dedi.

Tidak hanya itu, Dedi pun memprediksi bahwa kompetisi Peparnas XVI Papua akan lebih sengit. Jabar yang telah sukses menyabet gelar juara umum Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua bakal memacu provinsi lain untuk sama-sama all out merebut gelar juara umum.

"Otomatis provinsi lainnya akan bermain all out lantaran semakin terpacu untuk mengamankan gelar juara umum," kata Dedi.

Sebelumnya, Gubernur Jabar, Ridwan Kamil menyatakan, Provinsi Jabar memasang target mempertahankan gelar juara umum di ajang Peparnas XVI Papua 2021. Target tersebut untuk melengkapi prestasi Jabar yang telah sukses mempertahankan gelar juara umum di ajang PON XX Papua 2021.

"Kita akan mempertahankan juara umum (Peparnas) 2016 di Peparnas 2021 di Papua. Target di Peparnas adalah juara umum, mudah-mudahan ini sesuai target, sehingga dua kebanggaan itu (juara umum Peparnas dan PON Papua) tetap hadir di Jabar," ungkap Ridwan Kamil dalam acara Pengukuhan dan Pelepasan Kontingen Jabar pada Peparnas XVI Papua 2021 di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (27/10/2021).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1517 seconds (0.1#10.140)