Kunjungi Makassar, Menpora Bicara Desain Besar Olahraga Nasional

Minggu, 07 November 2021 - 23:59 WIB
loading...
Kunjungi Makassar, Menpora Bicara Desain Besar Olahraga Nasional
Menpora Zainudin Amali saat berkunjung ke Makassar, Sulawesi Selatan. Foto: MNC Portal Indonesia/M SRAHLIN RIFAID
A A A
MAKASSAR - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia ( Menpora RI ), Zainudin Amali hari ini berkunjung ke Makassar. Menpora menyinggung tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) di hadapan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulsel, Kepala Dispora Sulawesi Selatan, dan Guru besar Olahraga di Kota Makassar.

Dalam pertemuan ini ia menyampaikan visi-misi sesuai instruksi Presiden Joko Widodo yang tertuang pada Perpres nomor 86 tahun 2021. Menurutnya, saat ini langkah yang harus dilakukan adalah mereview total terkait keolahragaan Nasional. Langkah ini termaktub dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

"Bapak Presiden Jokowi meminta kami untuk review total terkait olahraga. Setelah itu kami melakukan pembahasan sehingga menghasilkan DBON ini," katanya di depan puluhan penggiat Olahraga, Minggu (07/11/2021).



Menpora menuturkan ada beberapa langkah yang harus dilakukan dalam memajukan olahraga nasional. Pertama tingkatkan budaya olahraga di masyarakat, sebab talenta, bibit-bibit muda dari masyarakat.

"Mari kita tingkatkan olahraga di kalangan masyarakat, karena banyak talenta-talenta, bibit-bibit muda yang sehat. Dan itu semua tercantum dalam DBON," tambahnya.

Selain itu, yang perlu dilakukan adalah Sinergitas antara semua pihak, seperti pemerintah Pusat, Daerah, Dispora, KONI dan Cabang Olahraga (Cabor). Sinegritas itu harus menjadi prioritas dalam menciptakan prestasi dalam olahraga.

"Selama ini Pusat kerja sendiri, Daerah kerja sendiri, Cabor kerja sendiri, itu yang kita ubah, kita harus mengedepankan sinergitas agar kita bisa menciptakan prestasi," tegasnya.

Kemudian, Menpora Amali menegaskan sport science memiliki peran penting dalam menciptakan prestasi olahraga di Tanah Air. Sehingga, target utama yakni meraih prestasi di Olimpiade dan Paralimpiade kedepannya bisa tercapai.

"Ini bukan pekerjaan ringan. Peran serta ISORI disini dibutuhkan. Kita mendorong sport science untuk menciptakan prestasi. Dukungan pemerintah daerah juga sangat penting dalam hal ini," tutur Menpora Amali.

Sementara itu, Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof. Dr. Ir. Husain Syam mengapresiasi dan pujian terhadap Menpora Zainudin Amali atas gagasannya yang telah menyusun DBON dan telah memiliki Peraturan Presiden (Perpres) sebagai landasan hukumnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2278 seconds (0.1#10.140)