4 Pemain Berdarah Indonesia Tampil di Piala Dunia, No 2 Pernah Hajar Xabi Alonso

Senin, 08 November 2021 - 17:13 WIB
loading...
4 Pemain Berdarah Indonesia Tampil di Piala Dunia, No 2 Pernah Hajar Xabi Alonso
4 Pemain Berdarah Indonesia Tampil di Piala Dunia, No 2 Pernah Hajar Xabi Alonso. Foto: IST
A A A
JAKARTA - Timnas Indonesia sampai hari ini masih bermimpi mentas di Piala Dunia . Tak banyak yang tahu, sebetulnya beberapa pemain top berdarah Indonesia sudah pernah tampil di ajang prestisius tersebut.

Sejarah sepak bola Indonesia sendiri sebenarnya pernah mewarnai Piala Dunia, akan tetapi ketika masih memakai nama Hindia Belanda, yakni pada Piala Dunia 1938 yang bertempat di Prancis. Setelah itu, Indonesia selalu gagal ke putaran final.



Namun, darah Indonesia masih mengalir di dalam tubuh-tubuh pemain top Eropa kenamaan masih terus mewarnai panggung sepak bola dunia. Ada beberapa pemain kelas atas yang berkarier di Eropa membawa darah keturunan Indonesia pada ajang Piala Dunia.

Hal itu dikarenakan peristiwa di masa lampau dahulu yang menyebebabkan maraknya perkawinan silang antara orang Indonesia dan orang Eropa, khususnya Belanda .

Berikut ini adalah daftar pemain berdarah Indonesia yang pernah berkarir di Piala Dunia. Meski tidak membawa lambang garuda di dada, tetapi mereka membawa darah Indonesia.

4. John Heitinga
4 Pemain Berdarah Indonesia Tampil di Piala Dunia, No 2 Pernah Hajar Xabi Alonso

John Heitinga adalah seorang bek tengah alumni akademi Ajax Amsterdam yang pernah membela Everton dan Atletico Madrid. Meski berkarir di Eropa, Heitinga mewarisi darah Indonesia dari kakeknya.

Kakek Heitinga yang bernama Gijsbert Johannes Heitinga berasal dari Pulau Belitung, sementara ayahnya, Rob Heitinga lahir di Jakarta. Keluarga ayah Heitinga hijrah dari Indonesia sekitar tahun 1950.

Hal ini dikonfirmasi langsung oleh paman Heitinga, yakni Ronald Heitinga. Melalui wawancara bersama Radio Nederland, Ronald membenarkan bahwa keluarga ayah Heitinga berasal dari Indonesia.

Pada Piala Dunia Afrika Selatan 2010, Heitinga menjadi andalan pelatih Bert van Marwijk untuk mengisi lini belakang tim berjuluk De Oranje. Heitinga selalu jadi andalan dan membawa Belanda ke final, akan tetapi takluk di tangan Spanyol melalui gol semata wayang Andres Iniesta.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1602 seconds (0.1#10.140)