Atlet Muslim Yang Menolak Bertanding Lawan Atlet Israel, Timnas Indonesia Salah Satunya

Selasa, 09 November 2021 - 07:44 WIB
loading...
Atlet Muslim Yang Menolak Bertanding Lawan Atlet Israel, Timnas Indonesia Salah Satunya
Atlet Muslim Yang Meolak Bertanding Melawan Atlet Israel, Timnas Indonesia Salah Satunya/The Sun
A A A
Atlet muslim yang menolak bertanding melawan atlet Israel, Timnas Indonesia salah satunya. Mengapa atlet muslim selalu menolak bertanding melawan atlet Israel? Pertanyaan ini sering mencuat ketika ada pertandingan internasional di berbagai cabang olahraga yang mempertemukan atlet beragama Islam dengan atlet Israel .

Sudah banyak contoh atlet muslim yang menolak bertanding dengan atlet Israel. Atlet muslim ini tidak hanya berasal dari 1 negara. Banyak atlet Islam yang berasal dari berbagai negara yang menolak bertanding melawan Israel di ajang olahraga di dunia.



Beberapa negara yang atletnya pernah menolak bertanding melawan Israel antara lain adalah Indonesia, Aljazair, Afghanistan, Iran, Mesir, Turki, dan lain-lain. Sentimen politik dan agama menjadi salah satu alasan kuat mengapa negara-negara tersebut menolak bertanding melawan Israel.

Berikut beberapa kejadian atlet muslim dari negara-negara di atas yang pernah menolak bertanding melawan Israel di berbagai ajang kompetisi olahraga di dunia:

1. Fethi Nourine (Aljazair)
Fethi Nourine adalah atlet judo asal Aljazair. Nourine menolak bertanding melawan pejudo Israel, Tohar Butbul di Olimpiade Tokyo 2020. Nourine beralasan bahwa dukungan politiknya kepada rakyat Palestina membuatnya mengundurkan diri Olimpiade. Hal ini membuat Federasi Judo International (IJF) menjatuhkan sanksi kepada Nourine atas tindakannya ini.

IJF menganggap Noruine telah melanggar filosofi IJF dalam pertandingan judo internasional. Nourine dianggap menodai semangat solidaritas yang dijunjung tinggi IJF tanpa melakukan diskriminasi rasial berdasarkan golongan dan agama.

Nourine tidak sendiri. Pelatih judonya, Amar Benikhef juga terancam hukuman oleh IJF. IJF menganggap mundurnya mereka berdua dilandasi oleh hal yang sama. Hal ini membuat karier Benikhef dan Nourine terancam ke depannya karena sanksi dari IJF.

2. Mohamed Abdalrasool (Sudan)
Mohamed Abdalrasool adalah atlet judo yang beragama Islam yang berasal dari Sudan. Abdalrasool juga mundur dari Olimpiade Tokyo 2020 karena akan bertanding dengan pejudo dari Israel, Tohar Butbul.

Abdalrasool sebenarnya dijadwalkan untuk bertanding dengan Fethi Nourine di Olimpiade 2020. Pemenang di antara mereka berdua akan menghadapi pejudo Israel, Tohat Butbul di babak berikutnya. Hal ini yang menjadi alasan keduanya mundur dari Olimpiade.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2058 seconds (0.1#10.140)