Klarifikasi Motor Peserta ATC dan WSBK 2021, MGPA: Itu Bagian dari Prosedur

Kamis, 11 November 2021 - 20:05 WIB
loading...
Klarifikasi Motor Peserta ATC dan WSBK 2021, MGPA: Itu Bagian dari Prosedur
MGPA) mengklarifikasi terkait kasus pembukaan peti box motor peserta ATC dan WSBK 2021. Mereka menjelaskan itu sudah menjadi bagian dari prosedur. Foto: twitter
A A A
MANDALIKA - Pihak Mandalika Grand Prix Association (MGPA) mengklarifikasi terkait kasus pembukaan peti box motor peserta Asia Talent Cup (ATC) dan World Superbike (WSBK) 2021. Mereka menjelaskan itu sudah menjadi bagian dari prosedur.



Saat ini beredar pemberitaan simpang siur mengenai pembukaan box motor tim Ducati dari peti kargo yang dicurigai melanggar prosedur. Sejumlah media nasional disebut kebingungan oleh duduk perkara aksi tersebut.

Masalahnya proses unboxing itu direkam dalam bentuk video oleh seseorang yang tidak bertanggung jawab. Orang tersebut disebut tidak mengerti proses itu dan langsung memviralkannya dengan isi berita yang tidak sesuai.

Padahal berdasarkan keterangan Direktur Strategis dan Komunikasi MGPA Happy Harinto, proses itu merupakan bagian dari custom clearance yang justru harus dilakukan.

Dengan kata lain, semua barang yang dibawa masuk Dorna ke Indonesia harus melalui pemeriksaan sebelum diizinkan digunakan. Pemeriksaan itu pun harus dibuka oleh sang pemilik barang atau forwarder yang mengurus impor/ekspor dengan izin pemilik yaitu Dorna.

Pada saat pemerikasan berlangsung pun, pihak Dorna dan Custom Clearance turut menyaksikan secara langsung. Artinya segala hal yang terjadi sudah sesuai standar operasional prosedur.

“Saya pastikan proses pemeriksaan dilakukan sesuai dengan prosedur,” ucap Happy dalam rilis.

Pihak MGPA memerhatikan segala peraturan dengan tertib. Dalam hal ini, pemeriksaan yang dilakukan memastikan bahwa barang masuk ke Indonesia sesuai dengan master list.

Hasil pemeriksaan ini nantinya akan menjadi dasar pemeriksaan atas barang-barang yang akan dibawa keluar dari Indonesia setelah event selesai, apakah sesuai dengan jumlah dan jenis barang yang dibawa masuk.



“Ini event yang sangat penting, yang membawa nama negara ke dunia, karenanya kami berusaha tertib demi melaksanakannya,” kata Happy.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2790 seconds (0.1#10.140)