Melempem di Barcelona, Luuk de Jong Dicoret Timnas Belanda

Sabtu, 13 November 2021 - 21:02 WIB
loading...
Melempem di Barcelona, Luuk de Jong Dicoret Timnas Belanda
Melempem di Barcelona, Luuk de Jong Dicoret Timnas Belanda. Foto: IST
A A A
PODGORICA - Louis van Gaal tidak memanggil Luuk de Jong ke Timnas Belanda menjelang lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 akhir pekan ini. Dia menyebut De Jong berada di situasi yang sulit bersama Barcelona.

Menurut Van Gaal, De Jong harus menjadi pilihan utama di Blaugara –julukan Barcelona agar bisa mendapatkan kepercayaannya lagi. Pasalnya, performa striker jangkung itu jauh menurun sejak pindah ke Camp Nou dari Sevilla pada musim panas lalu.

“Dia berada dalam situasi yang sangat sulit di Barcelona. Anda telah melihat semua itu,” kata Van Gaal dilansir dari Football Oranje, Sabtu (13/11/2021).



Mantan pelatih Manchester United itu juga menyarankan supaya De Jong bisa beradaptasi dengan baik bersama Xavi yang baru saja ditunjuk menjadi pelatih Blaugarana. Sebab, Van Gaal menilai bahwa dia kehilangan insting mencetak golnya selama berseragam raksasa Catalan itu.

“Saya pikir anda sebaiknya berada di klub untuk menyatu dengan pelatih baru dan mendapatkan kondisi yang baik. Anda harus menjadi pilihan utama (di klub) untuk dipilih (ke Timnas),” jelas pelatih berusia 70 tahun itu.

“Sebagai pemicu, anda harus berpikir bahwa anda dapat mencetak gol kapan saja. Saya belum pernah melihat itu pada Luuk de Jong di Barcelona,” pungkasnya.

Kritik Van Gaal tersebut memang pantas dilayangkan pada De Jong. Sebab, dari sembilan penampilannya bersama Barcelona di semua kompetisi, dia baru mencetak satu gol saja. Angka tersebut tentu sangat buruk bagi seorang striker.

Meski tanpa De Jong, Belanda harus tetap melanjutkan perjuangan mereka untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2022. Virgil Van Dijk dan kolega akan bertandang ke markas Montenegro dalam laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada Minggu (14/11/2021) pukul 02.45 WIB.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2001 seconds (0.1#10.140)