Jorginho Kerap Gagal Penalti, Begini Pembelaan Roberto Mancini

Sabtu, 13 November 2021 - 23:02 WIB
loading...
Jorginho Kerap Gagal Penalti, Begini Pembelaan Roberto Mancini
Jorginho kerap gagal menjalankan tugasnya sebagai eksekutor penalt/Foto/figc.it
A A A
ROMA - Timnas Italia gagal memastikan tiket otomatis Piala Dunia 2022 di Qatar. Penyebabnya, hasil imbang melawan Swiss pada penyisihan Grup C zona Eropa di Stadio Olimpico, Roma, Sabtu (13/11/2021) dini hari WIB.

Peluang mendapat tiket otomatis sejatinya sudah di depan mata, namun Jorginho gagal menjalankan tugasnya sebagai eksekutor penalti pada menit ke-90. Tembakannya melayang di atas mistar dan Italia pun berbagi angka dengan Swiss setelah laga berakhir imbang 1-1. Italia dan Swiss di peringkat 1-2 klasemen Grup C, masing-masing dengan poin 15.



Pelatih Italia Roberto Mancini tidak menyalahkan Jorginho dan mewajarkan kegagalan anak asuhnya yang menyebabkan Gli Azzurri gagal memastikan tiket otomatis ke Qatar.

Sejauh ini, Jorginho sudah dua kali gagal penalti jika menghadapi Swiss. Pada 6 September 2021 silam di ajang yang sama, Jorginho juga gagal mengeksekusi penalti.



Pada menit ke-51, sepakan Jorginho digagalkan penjaga gawang Swiss Yann Sommer. Kali ini, sepakannya melayang di atas gawang.

Jauh sebelum itu, Jorginho juga gagal mengeksekusi penalti pada partai puncak Piala Eropa 2020. Penggawa Chelsea itu nampaknua tengah kehilangan ketajamannya jika ditugaskan menjadi algojo penalti.

Namun begitu, Mancini tidak menyalahkan kesalahan berulang-ulang anak asuhnya tersebut. Mantan pelatih Manchester City itu mengatakan bahwa ketidak beruntungan yang dialami Jorginho sangat wajar dialami pemain sepak bola.

“Kami gagal mengeksekusi penalti di leg pertama dan satu lagin di leg kedua, hal-hal seperti ini memang terjadi. Jorginho ingin menendangnya (penalti), dan memang benar diamelakukannya. Dia adalah salah satu pengambil penalti di tim,” kata Mancini kepada Rai Sports dilansir Football Italia, Sabtu (13/11/2021).

Uniknya, dua penalti Jorginho yang gagal dikonversi ke gawang Yann Sommer berawal dari situasi yang sama. Dua penalti tersebut sama-sama berawal dari Domenico Berardi yang dijatuhkan di kotak terlarang

Tiap kali berhadapan dengan Swiss di Kualifikasi Piala Dunia 2022, pemain Sassuolo itu selalu melakukan pergerakan di kotak penalti yang berujung pada penalti Jorginho. Namun, Kedua penalti tersebut gagal dikonversi menjadi gol oleh Jorginho.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2314 seconds (0.1#10.140)