Menpora Penuhi Permintaan Shin Tae-yong Naturalisasi 4 Pemain Keturunan Indonesia, Ini Syaratnya

Kamis, 18 November 2021 - 16:09 WIB
loading...
Menpora Penuhi Permintaan Shin Tae-yong Naturalisasi 4 Pemain Keturunan Indonesia, Ini Syaratnya
Menpora Penuhi Permintaan Shin Tae-yong Naturalisasi 4 Pemain Keturunan Indonesia. Foto: Tangkapan Layar/Repro
A A A
JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyetujui permintaan Shin Tae- yong untuk mendapatkan jasa sejumlah pemain Eropa keturunan Indonesia. Menurut Zainudin Amali, yang penting mereka memilih untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Seperti yang diketahui, pelatih asal Korea Selatan itu mengajukan empat pemain untuk segera dinaturalisasi. Empat pemain itu ialah Sandy Walsh, Mees Hilgers, Kevin Diks, dan Jordi Amat.



Dalam konferensi pers virtual tentang memberikan keterangan pers terkait perkembangan olahraga di Tanah Air, Kamis (18/11/2021), Amali setuju dengan pengajuan Shin Tae-yong. Dengan syarat, pemain tersebut juga memilih untuk menjadi WNI.

"Yang penting dia mau memilih di sini, di Indonesia. Kalau dia sudah memilih, ya dia sudah tidak bisa lagi lepas," kata Amali dalam konferensi pers virtual, Kamis (18/11/2021).

Kendati begitu, Amali menyebut belum menerima permintaan dari PSSI . Namun, ia menyebut keempat pemain tersebut sudah jelas karena memang benar memiliki darah keturunan Tanah Air.

"Pemain keturunan saya belum dapat dari PSSI, yang pasti itu lebih jelas dan lebih ada kaitan karena punya darah Indonesia," ujarnya.

Lebih lanjut, Amali juga menyebut permintaan federasi tentunya akan ditelusuri dan ditindak lanjuti. Hal itu karena hanya federasi yang bisa mengajukan permintaan naturalisasi, dan bukan klub.

"Prosesnya itu biasanya kan ada usulan dari pssi karena saya tidak mau menerima usulan klub. Kalau dulu usulan klub diterima, tapi sekarang tidak lagi. Harus dari federasi agar ada yang bertanggung jawab," tutupnya.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1683 seconds (0.1#10.140)