POBSI JATENG Sukses Pertemukan Pebiliar Putri Berprestasi

Jum'at, 19 November 2021 - 15:02 WIB
loading...
POBSI JATENG Sukses Pertemukan Pebiliar Putri Berprestasi
Pengurus Provinsi Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) Jawa Tengah sukses menggelar Turnamen Biliar Putri Bola Sembilan 2021./Foto/dok SINDnews
A A A
PEKALONGAN - Pengurus Provinsi Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) Jawa Tengah sukses menggelar Turnamen Biliar Putri Bola Sembilan 2021. Partai final digelar di Merdeka Pool & Lounge, Rabu (18/11/2021), dengan Angeline M. Ticoalu keluar sebagai juara.

Turnamen ini diikuti atlet dari 15 provinsi, termasuk sejumlah atlet nasional peraih medali di berbagai event nasional seperti PON XX di Papua dan SEA Games. Mereka memperebutkan hadiah 97,5 juta rupiah di nomor Biliar Putri 9 Ball dan 62,5 juta rupiah untuk nomor Bola 9 Ganda Campuran.



Di partai final nomor single, atlet senior asal Jawa Tengah Angeline M. Ticoalu, yang pernah mewakili Indonesia di SEA Games, menang dengan skor 9-5 atas Silviana Lu, atlet Papua yang meraih medali emas pada PON XX lalu.

Selain sukses menyelenggarakan event berkelas di tengah masa pandemi ini, sukses mempertemukan sejumlah atlet putri berprestasi, turnamen ini juga diakui memiliki kualitas penyelengaraan yang berkelas internasional.

Baca juga: Hilangkan Stres Jelang Seri Penutup WSBK 2021, Toprak Razgatlioglu Cabuti Rumput Sirkuit Mandalika


Silviana Lu yang sudah berlaga di berbagai turnamen besar di dalam negeri maupun luar negeri memuji turnamen yang digelar oleh Pengprov POBSI Jawa Tengah ini . Menurut Silviana, ada sejumlah terobosan yang membuat turnamen ini berbeda dengan turnamen lain yang pernah ia ikuti, khususnya dalam hal penerapan aturan-aturan internasional.

“Luar biasa karena Pengprov POBSI Jateng dan Merdeka berani mengadakan event standar internasional. Dimana kita tau event ini dibuat sedetail mungkin,” ujar Silviana Lu.

"Seperti yang kita tau pada umumnya kualitas turnamen di Indonesia masih kurang . Dimana standarnya hanya untuk tingkat nasional Sehingga atlet-atlet tanah air tidak memiliki gambaran tentang event di luar. Contohnya dari aturan permainan, race, jam pertandingan dan lain lainnya. Dimana turnamen-turnamen yang ada memiliki aturan aturan yang berbeda. Saya berharap event seperti ini dapat terus berlanjut dan mungkin diikuti oleh pihak lainnya,” imbuhnya.

Sekretaris Jenderal PB POBSI Robby Suarly mengatakan, salah satu aturan yang diterapkan di turnamen ini adalah mengenai "break 3 bola" yang umumnya digunakan di pertandingan profesional internasional.

Aturan profesional itu menentukan break yang sah harus minimal tiga bola (object ball) melewati garis head string atau tiga bola masuk atau akumulasi dari kedua hal tersebut, yaitu satu bola masuk dan dua bola lewat garis atau dua bola masuk dan satu bola lewat garis. Selain kondisi tersebut maka "break" dinyatakan "miss" atau disebut "illegal break".
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1698 seconds (0.1#10.140)