Tampil di 3 Nomor Berbeda, Verawaty Fajrin Harumkan Bulu Tangkis Indonesia

Minggu, 21 November 2021 - 10:14 WIB
Tampil di 3 Nomor Berbeda, Verawaty Fajrin Harumkan Bulu Tangkis Indonesia
Verawaty Fajrin, salah satu legenda bulu tangkis Indonesia, meninggal dunia. Semasa karier, mendiang bersinar di tunggal putri, ganda putri dan ganda campuran. Foto: PBSI
A A A
JAKARTA - Verawaty Fajrin , salah satu legenda bulu tangkis Indonesia, meninggal dunia, Minggu (21/11/2021) pukul 06.58 WIB. Atlet kelahiran Jakarta, 1 Oktober 1957 itu mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Dharmais Jakarta karena menderita kanker paru-paru.

Baca Juga: Verawaty Fajrin Meninggal Dunia, Jokowi Sampaikan Belasungkawa

Jenazah Verawaty Fajrin itu akan dibawa ke rumah duka di Kav DKI Cipayung, Jakarta Timur. Selanjutnya jenazah dikebumikan di TPU Tanah Kusir.

Pebulu tangkis yang terkenal di era 1980-an ini bernama lahir Verawaty Wiharjo. Nama belakangnya diambil dari sang suami, Fajrin Biduin Aham, tepatnya setelah memeluk agama Islam pada April 1979.



Verawaty Fajrin berhasil meraih banyak gelar juara baik di nomor tunggal putri, ganda putri, dan ganda campuran. Total, sebanyak 11 medali emas disumbangkan untuk Indonesia.

Pemain-pemain yang pernah berpasangan dengannya adalah Imelda Wigoena, Ivanna Lie, Yanti Kusmiati, Bobby Ertanto, dan Eddy Hartono.

Baca Juga: Legenda Bulu Tangkis Verawaty Fajrin Meninggal Dunia, Akun Twitter PBSI Dibanjiri Ucapan Duka Cita

Prestasi tertingginya ia ukir pada tahun 1979, di mana dirinya sukses menjuarai All England bersama Imelda Wigoena. Setahun setelahnya, ia juga naik ke podium pertama nomor tunggal putri di Kejuaraan Dunia IBF tahun 1980, Jakarta.

Berselang tiga tahun kemudian, Verawaty sempat vakum dari dunia bulu tangkis hingga 1985. Kemudian dirinya aktif kembali dan langsung siap mengumpulkan pundi-pundi prestasi.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1501 seconds (10.101#12.26)