Pembangunan Jakarta International Stadium Lebih Cepat dari Perencanaan

Selasa, 23 November 2021 - 10:02 WIB
loading...
Pembangunan Jakarta International Stadium Lebih Cepat dari Perencanaan
Pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) terus dikebut. Bahkan realisasinya lebih cepat 2 persen dari yang telah direncanakan di awal / Foto: Instagram @Jakartaintstadium
A A A
JAKARTA - Pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) terus dikebut. Bahkan diketahui sampai pekan ke-116 terhitung periode 12–18 November 2021, realisasinya lebih cepat 2 persen dari yang telah direncanakan di awal.

Stadion berstandar internasional ini ditargetkan rampung pada Desember 2021 mendatang. Nantinya, akan digelar ajang International Youth Championship 2021 sebagai tanda soft launching dari stadion ini.

Tak pelak, pembangunan stadion berkapasitas 82.000 penonton ini terus dipercepat. Terlihat beberapa komponen utama seperti rumput lapangan dan bangku tribun sudah mulai terpasang.

BACA JUGA: Griezmann Disindir Fans Atletico Madrid: Mereka Mencintai Saya!

Selain itu, berdasarkan akun Instagram resmi JIS (@Jakartaintstadium) disebutkan update terbaru fokus pengerjaan konstruksi, Senin (22/11/2021). Di antaranya, penyelesaian kawasan ramp Barat dan Timur, landscape dan softcape kawasan untuk area luar.

Ada pula pengerjaan pemasangan penutup atap metal pada rangka atap, pekerjaan pengecoran struktur, areal lapangan utama, pekerjaan MEP (plumbing, tata udara gedung, lift), arsitektur (dinding, keramik, cat, tangga), instalasi fasade stadion utaka, precast tribun dan instalasi kursi tribun reguler.

Adapula pengerjaan fasilitas pendukung di antaranya interior ruangan prioritas seperti corporate box, royal lounge, ruang VIP/VVIP, ruang ganti pemain, media dan press conference. Kemudian, pekerjaan spesial lighting fasade, lapangan utama dan sound system.

BACA JUGA: Hasil Liga 1 2021/2022: Debut Manis Alfredo Vera, Persipura Bungkam Tira Persikabo

Secara keseluruhan realisasi pembangunan ini sudah mencapai 84,6638 persen. Ini lebih cepat dibanding rencana awal yakni 82,9012 persen.

JIS akan menjadi tuan rumah partai final IYC 2021 pada 11 Desember 2021 mendatang. Ajang uji coba internasional ini lebih dulu dimulai dengan fase grup pada 4 – 8 Desember 2021 di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Ajang ini melibatkan empat klub besar. Mereka adalah Indonesia All-Star U20, Real Madrid U20, Barcelona U20, dan Atletico Madrid U20. Diprediksi ajang ini akan menyedot perhatian seluruh masyarakat Indonesia.

Ajang itu menjadi tanda bahwa stadion utama JIS ini sudah rampung dan siap pakai. Namun untuk kawasan penunjang di sekitarnya rencananya akan 100 persen rampung pada Maret 2022 mendatang.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2010 seconds (0.1#10.140)