Profil Sirkuit Mandalika: Layout, Panjang Lintasan, Jumlah Tikungan, hingga Pemandangan

Rabu, 24 November 2021 - 03:54 WIB
loading...
Profil Sirkuit Mandalika: Layout, Panjang Lintasan, Jumlah Tikungan, hingga Pemandangan
Sejumlah pembalap bersama tim berjalan mengelilingi lintasan atau track walk di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, NTB, Kamis (18/11/2021) / Foto: SINDOnews ( R Suratman)
A A A
MANDALIKA - Sejarah tercipta saat Indonesia berhasil menggelar dua balapan bergengsi, yakni Asian Talent Cup (ATP) 2021 dan World Superbike (WSBK) di Mandalika International Street Circuit, akhir pekan kemarin. Carmelo Ezpeleta selaku CEO Dorna Sports memberikan apresiasi terhadap kesuksesan Indonesia menghelat balapan roda dua.

Terlepas dari suksesnya gelaran tersebut, Sirkuit Mandalika masih menyisakan banyak hal untuk diulas terkait beberapa detailnya. Mulai dari panjang lintasan, jumlah tikungan, luas paddock, kapasitas tribun dll.

Sirkuit Mandalika merupakan sirkuit yang dibangun dengan tujuan untuk menggelar ajang balap internasional. Puncaknya, sirkuit ini akan diproyeksikan menjadi salah satu jadwal di ajang sekelas MotoGP.

BACA JUGA: Viral! Marshal Salat di Sisi Lintasan Sirkuit Mandalika, Netizen: Semoga Berkah

Berdasarkan laman resmi WSBK, sirkuit ini memiliki panjang hingga 4,31 km dengan lebar 15 meter. Dari panjang itu, para pembalap harus menaklukan sebanyak 17 tikungan dengan 11 tikungan mengarah ke kanan, dan 6 lainnya mengarah ke kiri.

Selain itu, sirkuit ini memiliki dua service road, yakni service road inner yang memiliki panjang 3,8 km dan lebar 14 meter. Ada pula service road outer dengan panjang 4,32 km dan lebar 14 meter. Tak ketinggalan pit line dengan panjang 835 meter dan lebar 14 meter.

Paddock dalam sirkuit ini terdiri dari 40 garasi. Dengan luas bangunan sebesar 13.700 meter persegi, masing-masing garasi memiliki lebar 5,24 meter dan panjang 18,34 meter.

BACA JUGA: Kisah Unik dan Menarik di Luar Sirkuit Mandalika Warnai WSBK Indonesia

Paddock ini terdiri dari tiga lantai dengan tribun VVIP dan media center di lantai dua. Kemudian di lantai tiga, paddock digunakan untuk boot dan medical center bagi para pembalap.

Berbicara tribun, kapasitas Grand Stand Seating Street di Sirkuit Mandalika terdiri dari 50.000 tempat duduk. Sementara untuk Non-seated area (tribun berdiri) bisa menampung hingga 138.000 orang.

Lintasan untuk sirkuit ini telah dibangun menggunakan teknik pengaspalan modern bernama stone mastic asphalt (SMA). Dengan teknologi ini daya penetrasi aspal menjadi tinggi sehingga pembalap tidak mudah terjadi wet race atau licin karena hujan.



Menilik ke area luar, sirkuit ini dikelilingi kawasan wisata dengan suguhan pemandangan indah bagi siapapun yang melihatnya. Katakanlah seperti bentang pantai dengan pasir putih, jejeran perbukitan, serta pemandangan asri Mandalika.

Selain itu ada pula tempat wisata resmi yang direncanakan menjadi sumber pemasukan negara dari sektor wisata. Di antaranya, Pantai Tanjung Aan, Bukit Merese, Pantai Seger, Pantai Gerupuk, Pantai Kuta Mandalika, hingga desa adat seperti Sade dan Ende.

Berbicara soal pemasukan ekonomi, dari satu gelaran ajang balap dunia di sirkuit ini dicatat menghasilkan efek berganda hingga Rp 500 miliar. Selain itu penyerapan tenaga kerja diprediksi kurang lebih sebesar 7.950 orang dan peningkatan produk UMKM dengan penambahan tenaga kerja sebanyak paling tidak 3.000 orang.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1797 seconds (0.1#10.140)