Bukan Cantona atau Roy Keane, Ternyata Ini Kapten Terhebat MU versi Alex Ferguson

Minggu, 05 Desember 2021 - 16:01 WIB
loading...
Bukan Cantona atau Roy Keane, Ternyata Ini Kapten Terhebat MU versi Alex Ferguson
Pelatih legendari Manchester United, Sir Alex Ferguson, saat mengangkat trofi Liga Inggris. Foto: Manchester United
A A A
JAKARTA - Nama-nama besar menghiasi sejarah Manchester United . Namun jika merujuk pada kapten tim, ada satu sosok hebat yang dipuji pelatih legendaris Sir Alex Ferguson.

Sosok itu ternyata bukan Eric Cantona atau gelandang tanpa kenal kompromi Roy Keane. Tidak pula bek tangguh Garry Neville maupun bocah ajaib Wayne Rooney.

Baca Juga: Aksi Brutal Pemain dalam Sejarah Sepak Bola

Di mata Sir Alex, kapten terhebat sepanjang sejarah MU ada pada diri Bryan Robson. Pengakuan itu dilontarkannya saat menghadiri acara promosi film berjudul Robbo: The Bryan Robson Story yang dirilis 26 November 2021 lalu.

Ketika itu, Sir Alex ditanya siapa sosok kapten favoritnya di Manchester United. Tanpa berpikir panjang, dia menyebut nama Bryan Robson.
Bukan Cantona atau Roy Keane, Ternyata Ini Kapten Terhebat MU versi Alex Ferguson

"Dengan mudah saya katakan Bryan Robson adalah kapten terbaik yang pernah saya miliki," kata Sir Alex dalam acara tersebut, dikutip Mirror, Sabtu (3/12/2021).

Pensiunan pelatih asal Skotlandia ini menyebut pendapatnya ini tidak subjektif. Faktanya, pemain dan para staf juga menyukai sosok Robbo. Sebagai bukti, Bryan Robson merupakan pemegang rekor sebagai kapten terlama Setan Merah.

Bryan Robson memimpin selama 11 tahun di musim ketiga sejak diboyong ke Old Trafforfd. Gelandang tengah ini diangkut dari West Bromwich Albion pada 1981 dengan mahar 1,5 juta poundsterling.

Pria kelahiran Chester-le-Street, Januari 1957 ini telah membuat 466 penampilan untuk klub dan mencetak 99 gol selama berseragam The Red Devils,. Total, sudah 11 trofi dia menangkan, di antaranya dua gelar Liga Inggris beruntun di musim 1993-1994 hingga orang-orang memberinya julukan Kapten Marvel.

Menariknya, Bryan Robson bukan kapten pilihan Sir Alex Ferguson. Dia telah memenangkan gelar Piala FA pada 1983 dan 1985 sebelum kedatangan Sir Alex ke Old Trafford.

Bryan Robson meninggalkan Old Trafford untuk bergabung dengan Middlesbrough, Juli 1994. Sejak saat itu, Sir Alex Ferguson menunjuk nama-nama seperti Steve Bruce, Eric Cantona, Roy Keane hingga Gary Neville memimpin skuad Setan Merah di lapangan.

Sekadar informasi, film dokumenter berjudul Robbo: The Bryan Robson Story tak ubahnya ajang reuni bagi para penggawa Setan Merah. Film garapan sutradara John Brocklehurst itu dibintangi nama-nama seperti David Beckham, Wayne Rooney, Ryan Giggs, Eric Cantona, Gary Neviile, dan sederet manatan pemain Manchester United lain.
(sto)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1158 seconds (10.177#12.26)