HT Ingin Kembangkan Futsal Setara Industri Sepak Bola

Kamis, 09 Desember 2021 - 16:00 WIB
loading...
HT Ingin Kembangkan Futsal Setara Industri Sepak Bola
Ketua Umum Federasi Futsal Indonesia (FFI), Hary Tanoesoedibjo (HT) ingin mengembangkan futsal menjadi industri besar menyamai sepak bola. Foto: MNC Media
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Federasi Futsal Indonesia (FFI), Hary Tanoesoedibjo (HT) ingin mengembangkan futsal menjadi industri besar. Menurutnya, bukan tidak mungkin suatu saat futsal dapat setara dengan sepak bola.



Hal itu disampaikan HT saat membuka Kongres Federasi Futsal Indonesia (FFI) di MNC Hall Conference pada Kamis (9/12/2021). Di saat bersama, dia juga memaparkan laporan FFI selama 2019 - 2021.

Terdapat empat komponen yang dilaporkan yakni organisasi, futsal development, kompetisi dan kejuaraan, serta tim nasional. Keempat hal itu terbilang sukses dijalankan sejauh ini meski terhalang pandemi Covid-19.

Khusus kompetisi dan kejuaraan, FFI memiliki dua tipe kompetisi yakni "Mandatory" atau yang wajib dilaksanakan setiap tahunnya seperti Liga Futsal Profesional, FFI U-20, dan Liga Futsal Nusantara. Ada juga tipe optional yang bersifat tidak wajib FFI U-18 dan rencana Piala Presiden.

Penyelenggaraan program itu akan terus digalakkan pada musim yang akan datang. Hal itu guna menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni di dunia futsal, kemudian prestasi meningkat, daya tarik masyarakat bertambah, hingga akhirnya dapat menjadi industri yang menjanjikan.

“Kompetisi yang diselenggarakan FFI ini untuk meningkatkan SDM futsal dan kami berharap dapat menjadi roadmap menuju industri futsal. Kita ingin futsal menjadi industri seperti sepak bola,” ucap HT.

“Kompetisi dan kejuaraan menjadi etalase untuk memilah dan memilih sdm terbaik futsal,” lanjutnya, saat memberi sambutan di Kongres Federasi Futsal Indonesia (FFI) di MNC Hall Conference pada Kamis (9/12/2021).

Salah satu bentuk keseriusan untuk menuju tujuan itu, pria yang juga menjabat sebagai Executive Chairman MNC Group juga menjadikan media sebagai wadah untuk mempromosikan olahraga ini. Artinya, masyarakat dapat memberi perhatian lebih kepada olahraga ini.

“Mengangkat satu bidang olahraga tidak terlepas dari media. Website tetap berjalan akun-akun sosmed juga lengkap dan diupload semua kegiatan. Media dari MNC grup selalu mendukung olahraga futsal menuju industri besar,” lanjutnya.



Satu hal lagi yang tak kalah menjanjikan adalah itikad Hary Tanoesoedibjo untuk membentuk federasi internasional sendiri bagi futsal. Sejauh ini futsal masih berada di bawah naungan FIFA.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1850 seconds (0.1#10.140)