Sentimen Vietnam-Malaysia pada Timnas Indonesia di Piala AFF: Jangan Bangunkan Macan Asia!

Senin, 13 Desember 2021 - 10:46 WIB
loading...
Sentimen Vietnam-Malaysia pada Timnas Indonesia di Piala AFF: Jangan Bangunkan Macan Asia!
Vietnam dan Malaysia sepertinya mulai resah dengan keberhasilan Timnas Indonesia merebut dua kemenangan penting melawan Kamboja dan Laos di Piala AFF 2020 / Foto: AFF Cup
A A A
SINGAPURA - Vietnam dan Malaysia sepertinya mulai resah dengan keberhasilan Timnas Indonesia merebut dua kemenangan penting melawan Kamboja dan Laos di Piala AFF 2020. Kegelisahan ini cukup beralasan, sebab skuad Garuda menjadi satu-satunya tim yang memiliki statistik gol yang bagus di babak penyisihan Grup B.

Tapi keberhasilan Timnas Indonesia menimbulkan sentimen di kubu lawan. Ini bukan isapan jempol belaka, sebab dalam beberapa jam terakhir, media di Vietnam maupun Malaysia memberitakan mengenai pencapaian skuad Garuda di Grup B.

Komentar paling kritis dan terkesan merendahkan permainan pasukan Shin Tae-yong datang dari Nhu Thuan. Mantan pemain Timnas Vietnam itu sesumbar The Golden Star bakal menang mudah saat berhadapan melawan Indonesia di Stadion Bishan, Rabu (15/12/2021).

BACA JUGA: Timnas Indonesia vs Vietnam: Antara Kekaguman dan Perang Saudara

“Dengan gaya permainan dan orang-orang saat ini, sangat mudah bagi tim Vietnam untuk mendapatkan hasil yang diinginkan melawan Indonesia,” tutur Nhu Thuan.

Pernyataan itu ibarat membangunkan Macan Asia yang sudah tertidur lama. Karena Nhu tidak tahu apa yang sedang direncanakan Shin Tae-yong.

Dari segi permainan, skuad Timnas Indonesia sudah mengalami perubahan. Ketajaman pemain di depan gawang dan pertahanan solid sudah dibenahi Shin tae-yong.

BACA JUGA: Sombong! Nhu Thuan Sebut Vietnam Bakal Menang Mudah Lawan Indonesia di Piala AFF 2020

Sembilan gol dan hanya kebobolan tiga gol menjadi bukti bahwa Timnas Indonesia sudah banyak berubah. Pelatih Vietnam, Park Hang-seo, pun mengakui hal itu.

Park mengaku telah menonton pertandingan melawan Laos. Menurutnya, Timnas Indonesia jauh lebih baik, aktif, dan terlatih ketimbang pada Juni lalu kala jumpa Vietnam di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Kekhawatiran yang sama juga disampaikan pelatih Malaysia, Park Hang-seo. Dia mengatakan akan fokus untuk menyiapkan pertandingan pemungkas melawan Indonesia.

“Kami harus tetap fokus dan berkonsentrasi pada pertandingan berikutnya melawan Indonesia,” pungkas Park.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2965 seconds (0.1#10.140)