3 Pemain Keturunan Indonesia di Spanyol, Salah Satunya Bersinar di Barcelona

Selasa, 14 Desember 2021 - 18:16 WIB
loading...
3 Pemain Keturunan Indonesia di Spanyol, Salah Satunya Bersinar di Barcelona
3 Pemain Keturunan Indonesia di Spanyol, Salah Satunya Bersinar di Barcelona. Foto: IST
A A A
JAKARTA - Kiprah pemain keturunan Indonesia di Spanyol selalu mencuri perhatian dari masa ke masa. Di antaranya, terdapat tiga pemain yang pernah membela klub raksasa seperti Real Betis hingga Barcelona .

Dua dari tiga pemain dalam daftar yang dirangkum SINDOnews, Selasa (14/12/2021) masih aktif bermain hingga saat ini. Bahkan, salah satunya dikabarkan berminat bergabung dengan Timnas Indonesia .



Siapa saja mereka? Bagaimana para pemain itu terhubung dengan Indonesia? Berikut tiga pemain keturunan Indonesia yang pernah membela klub Spanyol:

1. Giovanni van Bronckhorst
3 Pemain Keturunan Indonesia di Spanyol, Salah Satunya Bersinar di Barcelona

Giovanni Van Bronckhorst menjadi daftar teratas pemain keturunan Indonesia yang pernah merumput di Liga Spanyol. Van Bronckhorst sendiri memiliki garis keturunan Indonesia dari neneknya yang merupakan orang asli Maluku Tengah.

Van Bronckhorst tercatat pernah membela klub asal Catalan, Barcelona. Semasa di Barcelona, pemain blasteran Indonesia-Belanda itu berhasil merengkuh sejumlah trofi, salah satunya trofi Liga Champions 2005/2006 usai mengalahkan mantan timnya, Arsenal .

Van Bronckhorst yang berposisi sebagai bek kiri sudah memutuskan untuk gantung sepatu sejak 2010 silam saat berseragam Feyenoord. Saat ini, ia merupakan juru taktik untuk tim asal Liga Skotlandia, Rangers FC.

2. Jordi Amat
3 Pemain Keturunan Indonesia di Spanyol, Salah Satunya Bersinar di Barcelona

Jordi Amat merupakan salah satu pemain keturunan Indonesia yang pernah merasakan panasnya atmosfer Liga Spanyol. Lahir di Spanyol, Amat sendiri memiliki garis keturunan dari Sang Nenek. Neneknya berasal dari Makassar, Sulawesi Utara.

Tercatat, Amat pernah membela tiga klub asal Spanyol. Tiga klub itu adalah Espanyol, Real Betis, dan Rayo Vallecano. Saat ini, Amat sudah hijrah dari Spanyol dan memilih merumput bersama KAS Eupen di Liga Belgia.

Kabarnya, Amat yang merupakan bek tengah merupakan salah satu target pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Pemain berusia 29 tahun ini disebut-sebut tertarik untuk bergabung Timnas Indonesia. Bahkan, kabarnya PSSI sudah turun tangan untuk segera menaturalisasi Amat.

3. Darren Sidoel
3 Pemain Keturunan Indonesia di Spanyol, Salah Satunya Bersinar di Barcelona

Nama Darren Sidoel memang agak asing di telinga masyarakat Indonesia, namun siapa sangka pemain kelahiran Belanda itu juga memiliki darah Indonesia. Sidoel memiliki garis keturunan dari kakeknya yang berasal dari Wonosobo, Jawa Tengah.

Di Liga Spanyol, Sidoel tercatat penah membela dua tim, yakni Cordoba CF dan Hercules CF. Kedua klub ini merupakan tim yang berada di kasta keempat Liga Spanyol. Meski tak tampil di kompetisi teratas, penampilan Sidoel di dua tim itu tercatat apik.

Di Hercules CF, Sidoel yang berposisi sebagai gelandang tengah berhasil mencatatkan empat gol. Sementara, semasa di Hercules ia hanya tampil 52 menit dan hanya mencatatkan satu gol.

Saat ini, Sidoel sudah hijrah dari Spanyol untuk membela klub divisi satu India, SC East Bengal. Tercatat, sejauh ini pemain berusia 23 tahun itu sudah mengoleksi satu gol selama 174 menit bermain.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1511 seconds (0.1#10.140)