Grand Final Piala Presiden 2021: 200 Atlet Esports Berburu Hadiah Rp2 Miliar

Kamis, 16 Desember 2021 - 23:02 WIB
loading...
Grand Final Piala Presiden 2021: 200 Atlet Esports Berburu Hadiah Rp2 Miliar
Piala Presiden Esports 2021 memasuki babak grand final di Mangupura Hall – The Westin Resort, Nusa Dua, Bali, 17–19 Desember.
A A A
JAKARTA - Piala Presiden Esports 2021 memasuki babak grand final di Mangupura Hall – The Westin Resort, Nusa Dua, Bali, 17–19 Desember. Tidak kurang dari 200 atlet Esports yang lolos akan saling bertarung habis-habisan dalam memperebutkan gelar juara dengan total hadiah sebesar Rp2 miliar.

Kejuaraan ini akan membawa dampak positif bagi pengembangan Esports sebagai cabor prestasi di masa mendatang. Terbukti sejak awal turnamen ini dimulai diikuti sebanyak 121.022 atlet Esports dari tujuh cabang game yang dipertandingkan, yakni Mobile Legends, PUBG Mobile, Free Fire, Lokapala, eFootball PES, MPL – Speed Chess, dan Battle of Satria Dewa.

Sekretaris Jenderal Piala Presiden Esports 2021, Matthew Airlangga mengatakan, grand final yang diselenggarakan selama tiga hari akan menjadi penentu atlet dan tim Esports yang berhak mengangkat trofi juara Piala Presiden Esports 2021. Hadirnya kejuaraan olahraga elektronik bergengsi dengan slogan #BanggaEsportsIndonesia ini membawa harapan besar bagi ekosistem Esports di Indonesia.

BACA JUGA: Tim Asuhan Atta dan Luna Maya Perebutkan Gelar Juara di Grand Final Esports Star Indonesia 2

"Grand final ini akan tersaji persaingan yang sangat seru sebagai pertandingan pamungkas dari para atlet dan tim esports terbaik di Tanah Air. Mereka akan bertarung dengan seluruh tenaga, kemampuan dan strategi demi meraih gelar juara. Kami optimis dari turnamen ini akan lahir juara-juara baru yang nantinya akan mengahrumkan nama bangsa di kancah esports dunia,” tutur Matthew dalam pernyataan resminya, Kamis (16/12/2021)

Terselenggaranya Piala Presiden Esports 2021 merupakan buah kolaborasi lintas kementerian dan lembaga yang terdiri dari Kantor Staf Presiden (KSP), Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, serta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan PB Esports Indonesia (PBESI).

Deputi II Bidang Pembangunan Manusia Kantor Staf Presiden (KSP) Abetnego Tarigan mengatakan, penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2021 diarahkan agar terus memberi manfaat bagi sumber daya manusia generasi muda di Indonesia. Terbukti sejak perdana digulirkan dua tahun lalu, terus bermunculan atlet-atlet potensial di kancah Esports nasional.

BACA JUGA: Dua Tim Esports Berjaya di Super Esports Series Season 1

Talenta-talenta inilah yang akan terus digali dan dibina agar terus berprestasi membawa keharuman nama bangsa di kemudian hari. “Piala Presiden Esports 2021 merupakan ruang kolaborasi yang sangat luas bagi pengembangan olahraga esports di Indonesia, mulai dari aspek sumber daya manusia hingga aspek ekosistem dan industri yang melingkupinya. Pemerintah terus berupaya memaksimalkan seluruh potensi yang kita miliki agar esports Indonesia bisa menjadi yang terbaik, tidak hanya di level regional namun juga dunia,” tutur Abetnego.

Di fase grand final, seluruh peserta yang bertarung merupakan tim-tim elit dan terbaik dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka berhasil lolos dari babak kualifikasi regional (Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali/NTB/NTT, dan Maluku/Papua) serta babak kualifikasi tertutup dan terbuka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2066 seconds (0.1#10.140)