Piala AFF 2020: Hitung-hitungan jika Timnas Indonesia Kalah dari Malaysia, Bisa Lolos?

Sabtu, 18 Desember 2021 - 07:07 WIB
loading...
Piala AFF 2020: Hitung-hitungan jika Timnas Indonesia Kalah dari Malaysia, Bisa Lolos?
Piala AFF 2020: Hitung-hitungan jika Timnas Indonesia Kalah dari Malaysia, Bisa Lolos?/@PSSI
A A A
Hitung-hitungan jika Timnas Indonesia kalah dari Malaysia di Piala AFF 2020, apakah masih bisa lolos ke semifinal? Duel Timnas Indonesia vs Malaysia di laga terakhir Grup B Piala AFF 2020 ibarat final. Lolos atau menangis.

Secara matematis, Indonesia memang hanya membutuhkan hasil seri melawan Malaysia dalam laga yang dimainkan di National Stadium, Kallang, Singapura, Minggu besok (19/12/2021). Jika melihat dari peringkat, Indonesia memang bertengger di puncak klasemen Grup B dengan nilai 7.



Timnas Garuda juga memiliki rekor gol 9-3. Nilai Timnas Indonesia sama dengan Vietnam tapi unggul selisih gol. Vietnam hanya memproduksi 5-0. Hanya dua tim terbaik dari tiap grup yang lolos ke semifinal.

Di laga lain, Vietnam diprediksi bisa mengalahkan Kamboja. Malaysia yang berada di posisi ketiga mau tidak mau harus menang melawan Indonesia. Nah, bagaimana jika Timnas Indonesia kalah dari Malaysia dalam laga besok?

Begini hitung-hitungannya. Sesuai aturan main Piala AFF 2020 Bagian Empat tentang Sistem Kompetisi, perhitungan klasemen di babak penyisihan jika dua tim atau lebih punya poin yang sama adalah:
1. Poin terbanyak dari peserta yang memiliki nilai yang sama
2. Selisih gol dari peserta yang memiliki nilai yang sama
3. Gol terbanyak dari peserta yang memiliki nilai yang sama

Nah, jika poin masih sama, maka penentuan peringkat kembali diciutkan menjadi:

1. Selisih gol dari setiap pertandingan di Grup B
2. Agresivitas gol dari setiap pertandingan Grup B
3. Tendangan dari titik 12 pas jika hanya dua tim yang punya nilai yang sama
4. Skor terendah dihitung berdasarkan kartu kuning dan kartu merah
5. Diundi



Pahitnya, jika Timnas Indonesia kalah 0-1 dari Malaysia dan Vietnam juga kalah 0-1 dari Kamboja, maka yang lolos adalah Malaysia dengan sembilan poin dan Timnas Indonesia dengan tujuh poin. Timnas Indonesia memang punya nilai yang sama dengan Vietnam.

Namun, Skuad Garuda masih unggul selisih gol (9-4) ketimbang Golden Star Warriors (5-1). Namun, alangkah baiknya jika Timnas Indonesia tidak bergantung dengan tim lainnya alias harus menang atau setidaknya seri melawan Malaysia. Mampukah Timnas Indonesia mengalahkan Malaysia dan lolos ke semifinal? Mari berdoa untuk kemenangan Timnas Indonesia.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1604 seconds (0.1#10.140)