Tan Cheng Hoe Beberkan Penyebab Malaysia Diganyang Indonesia di Piala AFF 2020

Senin, 20 Desember 2021 - 07:30 WIB
loading...
Tan Cheng Hoe Beberkan Penyebab Malaysia Diganyang Indonesia di Piala AFF 2020
Malaysia harus mengubur ambisinya melaju ke semifinal Piala AFF 2020. Pelatih Ta Cheng Hoe menjelaskan mengapa Harimau Malaya bisa digayang Indonesia. Foto: AFF Cup
A A A
KALLANG - Malaysia harus mengubur ambisinya melaju ke semifinal Piala AFF 2020 . Harimau Malaya tersingkir lantaran digayang Indonesia pada laga keempat penyisihan Grup B.

Baca Juga: Shin Tae-yong Beber Kunci Kesuksesan Timnas Indonesia Ganyang Malaysia

Malaysia wajib menang di National Stadium, Kallang, Minggu (19/12/2021) agar bisa melaju ke babak empat besar. Syarat itu semula seperti akan terpenuhi karena unggul dulu 1-0 lewat Raj Kogileswaran (13).

Tapi, Indonesia bisa membalik keadaan dengan melesakan empat gol beruntun melalui Irfan Jaya (36, 43), Pratama Arhan (50) dan Elkan Baggott (82). Alhasil, skuad Garuda yang lolos karena menang 4-1.

Pelatih Malaysia, Tan Cheng Hoe mengakui anak asuhnya bisa dibantai Indonesia lantara mengalami kesulitan. Ini lantaran tidak adanya bek tengah berkualitas untuk membantu pertahanan.

Setelah unggul 1-0, pertahanan Malaysia malah digempur habis-habisan. Indonesia bisa melesakkan 23 tembakan, dengan tujuh diantaranya mengarah ke gawang yang dikawal Khaerul Fahmi.

Padahal Malaysia unggul penguasaan bola hingga 53 persen. Selain itu, Negeri Jiran juga mencatat operan lebih banyak dari Indonesia, 312 operan berbanding 278 operan.

Namun, pada akhirnya permainan efektif dan agresif Evan Dimas dkk justru mempermalukan Malaysia. Tan Cheng Hoe mengakui pasukannya kerepotan menahan kecepatan armada Shin Tae-yong.

“Ya, kami memang memulai pertandingan baik di 15 menit pertama. Tetapi, kami tak memiliki bek tengah dengan kualitas bagus untuk menjaga pertahanan," jelas Tan Cheng Hoe.

"Hal itu menyebabkan kami kesulitan dalam menghadapi kecepatan pemain Indonesia,” lanjut juru taktik berusia 53 tahun itu, di laman resmi AFF.

Baca Juga: Elkan Baggott Robek Gawang Malaysia, Netizen: Gol Rasa Karantina!

Malaysia urung melaju ke semifinal Piala AFF karena menempati posisi tiga dengan enam poin. Sementara Indonesia jadi juara Grup B, dikuti Vietnam yang sama-sama mengoleksi 10 poin.
(mirz)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2193 seconds (11.252#12.26)