5 Pemain Keturunan Indonesia Berdarah Jawa: No 2 Pengin Bela Timnas Indonesia

Rabu, 22 Desember 2021 - 06:37 WIB
loading...
5 Pemain Keturunan Indonesia Berdarah Jawa: No 2 Pengin Bela Timnas Indonesia
5 Pemain Keturunan Indonesia Berdarah Jawa: No 2 Pengin Bela Timnas Indonesia/darren sidoel
A A A
Pemain keturunan Indonesia berdarah Jawa yang mengikuti garis keturunan ayah dan ibu saat ini tersebar di seantero Eropa. Walau memiliki nama khas daerah di Indonesia, mereka sudah memiliki kewarganegaraan sendiri di Eropa.

Bahkan beberapa pemain keturunan ada yang sudah sempat membela timnas Negara lain yang membuat mereka tidak mungkin bisa bermain di timnas Indonesia. Mereka tersebar di beberapa negara eropa. Mereka juga bermain di berbagai klub dan liga di negara tertentu. Berikut daftar 5 nama pemain keturunan Indonesia berdarah Jawa.

1. Edwin Soenarto
Edwin Soenarto berusia 34 tahun lebih suka bermain dengan kaki kanan. ia merupakan pemain sepak bola Belanda yang bermain untuk klub Eerste Divisie FC Volendam pada musim sepak bola 2010-2011. Melansir dari sofascore.com, terobosan Edwin Soenarto sebenarnya hanya datang ketika iamencetak gol kemenangan pada 20 September 2017 dalam pertandingan piala KNVB melawan FC Utrecht.



Menurut situs Transfermarkt, Edwin Soenarto pernah tercatat sebagai pemain Ajax Amateurs. Pemain berusia 31 tahun ini berposisi sebagai bek kanan. Jika menilik dari namanya, bisa ditebak kalau Edwin Soenarto punya darah Indonesia. Edwin mempunyai garis keturunan Jawa dari ibunya, Agustina Triwahyuni.

Sang ibu merupakan wanita asli Jawa yang datang ke Belanda pada usia 19 tahun. Sementara itu, ayahnya merupakan pria Belanda keturunan Afrika. Percampuran Afrika dan Jawa memberi Edwin Soenarto kekuatan fisik yang kekar dan kecepatan di atas lapangan.

2. Darren Sidoel
Darren Sidoel pemain sepak bola profesional Belanda yang bermain sebagai gelandang bertahan untuk klub Liga Super India East Benggala. Selain di Belanda, ia juga pernah bermain di Inggris, Belgia, Bulgaria dan Spanyol.

Sidoel mewakili Belanda di level pemuda U-17 . Ia merupakan keturunan Indonesia dan Suriname. Dalam wawancara dengan media lokal, tepat setelah bergabung dengan Arda Kardzhali pada tahun 2019, Sidoel mengungkapkan keinginannya untuk mewakili timnas Indonesia , tetapi pertama-tama akan berkonsentrasi pada karier klubnya.

Jika mendengar namanya, maka publik tentunya akan menebak bahwa Darren Sidoel merupakan pesepakbola asal Betawi. Hal tersebut tak terlepas karena adanya serial film drama keluarga legendaris ternama di Indonesia, yakni Sidoel Anak Sekolahan.
Namun nyatanya dirinya memiliki keturunan Jawa, tepatnya dari Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, dari sang ayah. Dilansir dari laman Transfermarkt, disebutkan bahwa Darren Sidoel sudah malang melintang di kompetisi Eropa dengan memperkuat beberapa tim mulai dari Liga Belanda, Inggris, Belgia, Spanyol hingga Bulgaria.

3. Leroy Resodiharjo
Melansir dari transfermarkt, Leroy Gerald Resodihardjo merupakan pemain sepak bola Belanda keturunan Jawa Suriname yang ketika ini dalam keadaan kontrak dengan Eredivisionis ADO Den Haag. Diketahui ia merupakan seorang pesepak bola yang dominan menggunakan kaki kanannya dan saat ini tengah berlaga di klub SVV Scheeningen.
Menurut Forbes & Bussines Inder, Leroy adalah salah satu pemain sepak bola Asosiasi terkaya dan terdaftar dalam Pemain Sepak Bola Asosiasi paling populer. Dia memiliki total kekayaan bersih sebanyak sekitar USD1,5Juta .
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1788 seconds (0.1#10.140)