Pemain Keturunan Indonesia Berdarah Batak: No 1 Telat Direkrut Timnas Indonesia

Kamis, 23 Desember 2021 - 09:19 WIB
loading...
Pemain Keturunan Indonesia Berdarah Batak: No 1 Telat Direkrut Timnas Indonesia
Pemain Keturunan Indonesia Berdarah Batak: No 1 Telat Direkrut Timnas Indonesia/archysport
A A A
Pemain keturunan Indonesia berdarah Batak memperkaya talenta pemain keturunan yang bertebaran di Eropa. Bila ditelusuri, ada tiga nama berbau suku Batak yang mengalir dalam darah pemain keturunan Indonesia: Radja Nainggolan, Luis Miguel Sitohang, dan Joseph Simatupang Ferguson. Berikut profil ketiga pemain sepak bola Internasional keturunan Indonesia berdarah Batak.

1. Radja Nainggolan
Radja Nainggolan lahir pada 4 Mei 1988 di Antwerp, Belgia. Kendati namanya berbau Indonesia dari marga Batak, dia adalah pesepak bola Belgia yang bermain sebagai pemain tengah. Ayahnya berdarah Batak, sedangkan sang ibunya berasal dari Belgia. Saat ini, Radja Nainggolan berseragam Royal Antwerp setelah membela Cagliari. Dia juga pernah memperkuat timnas Belgia sebanyak 30 kali.



Radja meniti karier di Seri A Liga Italia. Ia bergabung dengan Cagliari musim panas 2010 setelah membela Piacenza selama tiga musim pada 2007. Permainan cemerlangnya musim ini membuat AC Milan, Inter Milan, dan Napoli, kepincut. Bakat sepak bola Radja mulai terasah di Germinal Beerschot.

Di usia 16 tahun dia pindah ke Piacenza, Italia. Ketika itu ia ditawari kontrak dua tahun. Dianggap oleh banyak ahli sebagai salah satu gelandang terbaik dan terlengkap di Eropa, karena kemampuannya untuk membantu timnya baik dalam menyerang maupun bertahan, Nainggolan adalah gelandang yang cepat, dinamis, pekerja keras, kuat secara fisik dan serbaguna. Dia mampu bermain di beberapa posisi lini tengah; memiliki visi, jangkauan, dan teknik yang baik, ia sering dimainkan sebagai playmaker di depan lini pertahanan.

2. Luis Miguel Sitohang
Luis Miguel Sitohang adalah wonderkid asal Portugal. Bila melihat nama belakangnya, Sitohang, bisa jadi ada darah Indonesia dalam tubuh Luis. Sitohang adalah salah satu nama marga Batak di Indonesia.
Bila ditelusuri, marga Sitohang berasal dari Desa Urat, Kecamatan Palipi, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Marga tersebut bisa jadi berasal dari nama ayahnya. Pemain berusia 18 tahun ini pemain di Atlético Clube de Portugal, tim yang bermarkas di Lisbon, Portugal.

3. Joseph Simatupang Ferguson
Pemilik nama lengkap Joseph Simatupang Ferguson itu lahir di Manchester, 10 Agustus 2002. Saat ini, Joseph Simatupang Ferguson berseragam salah satu tim legendaris Inggris, Blackburn Rovers. Joseph Ferguson Simatupang, pemuda keturunan Indonesia dari sosok ibu yang berdarah Batak, dan sang ayah yang tentu berkewarganegaraan Inggris.



Nama Joseph Simatupang memang masih asing di telinga penggemar sepak bola. Maklum, pemberitaan seputar pemain tersebut masih sangat jarang. Namanya mulai didengar setelah bergabung dengan Blackburn Rovers. Joseph Simatupang tergabung bersama tim U-18 Blackburn Rovers yang berlaga di Premier League U-18. Di kompetisi tersebut, Joseph berhadapan dengan tim-tim besar Liga Inggris, yakni; Manchester City U-18, Manchester United U-18, dan Liverpool U-18. (MG01 - Anjas Asmara)
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1708 seconds (0.1#10.140)