Pernah Asuh Nadeo Argawinata saat Junior, Persik Kediri: Kiper Terbaik di Dunia!

Senin, 27 Desember 2021 - 03:05 WIB
loading...
Pernah Asuh Nadeo Argawinata saat Junior, Persik Kediri: Kiper Terbaik di Dunia!
Nadeo Argawinata ikut membantu Indonesia mengalahkan Singapura 4-2 di Piala AFF 2020. Performa apiknya sebagai kiper mendapat pujian dari Persik Kediri. Foto: twitter
A A A
KEDIRI - Nadeo Argawinata ikut berjasa membantu Indonesia mengalahkan Singapura 4-2 di leg kedua semifinal Piala AFF 2020 . Performa apiknya sebagai kiper menuai banyak pujian, termasuk dari klubnya saat masih junior, Persik Kediri.



Nadeo menjadi pahlawan dibalik kemenangan Indonesia di National Stadium, Sabtu (25/12/2021). Puncaknya adalah ketika kiper Bali United ini menepis tendangan penalti tuan rumah di penghujung laga.

Kala itu pertandingan sudah memasuki menit ke-88 dan skor imbang 2-2. Sebelumnya, gol Indonesia dicetak Ezra Walian (11’) disamakan menjadi 1-1 oleh Song Uiyong (45+4).

Kemudian dibalikkan oleh Singapura menjadi 2-1 lewat tendangan bebas Shahdan Sulaiman (74’). Setelah disamakan lagi oleh Pratama Arhan (87’).

Baru saja mencetak gol penyama kedudukan, Arhan malah melanggar pemain Singapura di kotak terlarang. Hasilnya wasit memutuskan untuk memberi hadiah penalti kepada The Lions.

Faris Ramli yang ditunjuk sebagai algojo punya peluang membawa Singapura menutup laga dengan kemenangan. Namun, tendangannya ke arah kiri gawang dapat tertebak Nadeo dan dihalau.

Kedudukan tetap 2-2 hingga 90 menit dan laga berlanjut ke babak tambahan waktu 2x15 menit. Indonesia yang unggul jumlah pemain mampu melenggang dengan dua gol tambahan melalui bunuh diri Shawal Anuar (91’) dan Egy Maulana Vikri (105+2).

Banyak yang menilai bahwa aksi Nadeo menepis tendangan penalti itu merupakan titik balik Indonesia bisa memenangkan pertandingan.

Oleh sebab itu Nadeo menjadi kebanggaan tersendiri bagi setiap klub yang pernah dibelanya selama berkarir, termasuk Persik Kediri.

Kiper kelahiran Kediri 9 Maret 1997 ini memulai karir sepak bolanya di level junior. Saat itu dikisaran 2014, Nadeo bermain di SSB Macan Putih Kediri kemudian ke Persik Kediri Junior.

Setelah itu, Nadeo dilirik pelatih Indonesia U-19 saat itu, Fachri Husaini dan jasanya pun berguna bagi skuad Garuda muda. Sampai akhirnya, Nadeo mengorbit ke klub-klub Liga 1 seperti Borneo FC dan Bali United.



Akun Twitter resmi Persik Kediri (@tweetpersik) pun mengunggah masa-masa Nadeo muda. Dalam caption tertulis: “@Nadeowinataa_1 Best goalkeeper in the world (kiper terbaik di dunia)”.

(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1809 seconds (0.1#10.140)