Final Piala AFF 2020 Tanpa Bendera Peserta, Ini Pertama Kali dalam Sejarah

Rabu, 29 Desember 2021 - 09:30 WIB
loading...
Final Piala AFF 2020 Tanpa Bendera Peserta, Ini Pertama Kali dalam Sejarah
Indonesia dan Thailand akan jumpa di final Piala AFF 2020 yang berlangsung dua kali. Menariknya meraka sama-sama tidak bisa mengibarkan bendera negara. Foto: Depositphotos
A A A
KALLANG - Indonesia dan Thailand akan jumpa di final Piala AFF 2020 yang berlangsung dua kali. Menariknya ada satu persamaan antara keduanya, yakni tidak bisa mengibarkan bendera negara. Ini pertama kalinya terjadi di ajang ini.



Final Piala AFF 2020 digelar dengan format dua leg. Laga pertama berlangsung Rabu (29/12/2021) dan selanjutnya Sabtu (1/1/2022), di National Stadium.

Ironisnya, baik Indonesia dan Thailand tidak bisa mengibarkan bendera negaranya. Ini imbas sanksi yang dijatuhkan dari Badan Anti Doping Dunia (WADA).

Menurut statistik, baru kali ini selama penyelenggaraan Piala AFF, kedua tim tidak dapat mengibarkan bendera nasional. Ini karena hukuman dari WADA belum berakhir.

Lebih lanjut, Indonesia dan Thailand sama-sama menggunakan bendera federasi sepak bola masing-masing. Indonesia memakai logo PSSI, sementara Thailand memakai logo FAT.

Sementara itu, jika melihat dari situs resmi Piala AFF 2020, memang tidak ada bendera Indonesia dan Thailand. Indonesia menggunakan logo Garuda, sementara Thailand memakai logo FAT.

Sanksi WADA kepada Indonesia sudah berlaku sejak tim bulu tangkis Indonesia meraih juara di Piala Thomas lalu. Saat itu bendera Indonesia digantikan dengan bendera PBSI.



Sementara Thailand dikabarkan sudah mendapatkan sanksi dari WADA sejak Oktober lalu. Alasannya sama, lembaga doping negara Thailand tidak mematuhi syarat terhadap regulasi WADA.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0978 seconds (0.1#10.140)