Komisi Grand Prix Keluarkan Regulasi Baru untuk MotoGP 2022

Rabu, 29 Desember 2021 - 22:02 WIB
loading...
Komisi Grand Prix Keluarkan Regulasi Baru untuk MotoGP 2022
Komisi Grand Prix Keluarkan Regulasi Baru untuk MotoGP 2022. Foto: IST
A A A
JEREZ - Memasuki musim baru MotoGP 2022 , Komisi Grand Prix memberlakukan beberapa regulasi baru untuk para tim dan pembalap. Peraturan itu mencangkup dari segi olahraga itu sendiri, teknia, disiplin hingga medis.

Sebagaimana diketahui, musim 2021 usai dengan meninggalkan beberapa catatan penting. Selain pembalap Yamaha Fabio Quartararo yang juara, ada juga pilu yang dialami pembalap tertentu.


Di antaranya adalah Pembalap Honda Repsol Marc Marquez. Pembala Spanyol ini absen di dua balapan terakhir lantaran kompilasi cedera yang dialaminya.

Seperangkat aturan yang diperbarui pihak komisi juga mempertimbangkan kasus yang terjadi kepada Marquez tersebut. Artinya, aturan ini dibuat lebih disiplin, aman, dan tentu tetap kompetitif.

Lantas apa saja kah itu?

Waktu untuk Kualifikasi

Tak berlaku untuk kelas MotoGP saja, namun di semua kelas, pembalap harus mencapai waktu setidaknya sama dengan 105% dari waktu yang dicatat oleh pembalap tercepat di sesi yang sama di sesi FP atau QP mana pun. Hal ini berbeda dari sebelumnya yakni 107%

Usia Minimum
Regulasi ini diperbarui sejak September lalu. Di mana banyak kasus meninggalnya para pembalap muda di setiap kelas.

Usia minimum tidak berubah di kelas MotoGP, namun perubahan akan signifikan di dua level bawahnya Moto2 dan Moto3. Perubahan itu adalah pada 2023 mendatang, seluruh kelas berada di usia minimum 18 tahun.

Itu berubah yang mana setiap tahunnya Moto2 dan Moto3 diperbolehkan untuk pembalap usia minimal 16 tahun. Namun terlepas itu, akan diberi toleransi bagi pemenang kejuaraan dunia di dua kelas itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1261 seconds (0.1#10.140)