Witan Sulaeman, Anak Tukang Sayur kini Bintang Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Rabu, 29 Desember 2021 - 16:01 WIB
loading...
Witan Sulaeman, Anak Tukang Sayur kini Bintang Timnas Indonesia di Piala AFF 2020
Witan Sulaeman, Anak Tukang Sayur kini Bintang Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Foto: IST
A A A
KALLANG - Gelandang muda Timnas Indonesia, Witan Sulaeman , berhasil tampil cemerlang di Piala AFF 2020. Witan berasal dari keluarga sederhana yang merintis karier sepak bolanya dengan berbagai cerita mengharukan.

Witan berasal dari Palu, Sulawesi Tengah -wilayah yang sempat diguncang gempa hebat pada September 2018. Witan tengah mengikuti persiapan Piala Asia U-19 2018 ketika keluarganya merasakan bencana gempa 7,4 skala richter (SR) yang disusul tsunami.



Witan lahir di keluarga yang sederhana. Bintang muda Tanah Air itu dibesarkan oleh orang tua yang hebat meski hanya seorang pedagang sayur di Palu.

Keterbatasan tidak membuat Witan patah semangat untuk berlatih guna mewujudkan impiannya menjadi pesepak bola handal. Hal itu dibuktikannya ketika mulai dikenal publik sejak memperkuat Timnas Indonesia U-16, pada 2015 silam.

Namun, usai membela Garuda Muda U-16 di bawah asuhan Fachri Husaini , ia harus kembali ke kampung halamannya. Tentu saja, itu karena PSSI dibekukan oleh FIFA pada tahun tersebut.

Pembekuan tersebut tak membuat Witan menyerah begitu saja. Ia tetap berlatih di kampung halamannya dan mengikuti berbagai pertandingan nasional hingga masuk ke dalam skuad Timnas Indonesia U-19, U-23, bahkan merumput bersama Timnas Senior di babak Kualifikasi Piala Asia 2023.



Pemain kelahiran 2001 itu baru mencicipi satu klub saja di Liga Indonesia. Ia bergabung dengan PSIM Yogyakarta pada 2019 lalu, setelah berlatih bersama SKO Ragunan.

Hanya setahun berada di tanah Yogyakarta, ia langsung mengejutkan publik lantaran direkrut oleh salah satu klub Eropa, yakni FK Radnik Surdulica yang tergabung di Liga Serbia pada tahun 2020 lalu.

Namun, ia hanya semusim merumput di Liga Serbia. Pasalnya, ia meneruskan tempat Egy Maulana Vikri di salah satu tim Polandia, Lechia Gdansk hingga saat ini.

Melihat usianya yang masih sangat muda, serta potensi yang dimiliki, bukan tidak mungkin namanya bisa tersorot di Eropa. Mengingat banyak pemain Asia lain yang tengah menjadi andalan di klubnya masing-masing, seperti Son Heung-Min, Takefusa Kubo dan masih banyak lagi.

Witan kini tinggal selangkah lagi mengantar Indonesia meraih trofi Piala AFF 2020. Sepanjang gelaran Piala AFF 2020, Witan sudah mengemas 2 gol sejajar Ezra Walian, Pratama Arhan, Rachmat Irianto, dan Evan Dimas.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1142 seconds (0.1#10.140)