Alasan Elkan Baggott Pilih Indonesia Lawan Tanah Kelahiran di Final Piala AFF 2020

Rabu, 29 Desember 2021 - 18:00 WIB
loading...
Alasan Elkan Baggott Pilih Indonesia Lawan Tanah Kelahiran di Final Piala AFF 2020
Alasan Elkan Baggott Pilih Indonesia Lawan Tanah Kelahiran di Final Piala AFF 2020. Foto: Kolase/SINDOnews
A A A
SINGAPURA - Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Thailand di partai puncak Piala AFF 2020 . Pertandingan ini bakal cukup emosional untuk Elkan Baggott karena melawan tim tanah kelahirannya.

Elkan Baggott lahir di Bangkok, Thailand 19 tahun silam. Namun, ia memiliki garis keturunan Indonesia dan Inggris. Sang ayah berdarah asli Inggris, sementara sang Ibu berasal dari Indonesia.



Selain itu, Elkan juga dikabarkan pernah menetap di Indonesia selama sembilan tahun sejak 2011. Setelah itu, ia pindah ke Inggris untuk melanjutkan karier sepak bolanya.

Saat ini, Elkan merupakan pemain andalan Ipswich Town U-23. Di usia 19 tahun, Elkan sudah mendapatkan kesempatan tampil bersama Timnas Indonesia senior.

Kini, ia merupakan salah satu bek yang diwaspadai di gelaran Piala AFF 2020. Bersama Timnas Indonesia, Elkan sudah mengemas satu gol dalam empat penampilannya bersama Skuad Garuda.
Alasan Elkan Baggott Pilih Indonesia Lawan Tanah Kelahiran di Final Piala AFF 2020

Alasan Elkan lebih memilih Indonesia ketimbang Thailand bukan tanpa dasar. Pemain berpostur 194cm ini mengatakan dirinya mengikuti sang Ibu yang merupakan perempuan asli Indonesia.

"Saya memilih Indonesia karena (alasan) pertama keluarga, saya bangga merepresentasikan negara keluarga saya di Indonesia," ucap Elkan saat itu, dikutip dari laman resmi PSSI, Rabu (29/12/2021).

Selain itu, faktor penggemar fanatik di Indonesia membuat Elkan kian terkesan dengan Tanah Air. Hal ini membuat dirinya memilih Timnas Indonesia ketimbang kesempatan bergabung dengan Timnas Inggris.

"Sangat mengesankan (pengalaman di Indonesia) dibandingkan di Inggris. Ada banyak penggemar, ada banyak cinta," sambungnya.

"Pengalaman yang sangat gila. Jadi, saya mengapresiasi kesempatan bisa datang kesini," aku Elkan.

Seandainya Elkan tak memilih Indonesia, mungkin ia akan lebih memilih Inggris berdasarkan garis keturunannya. Kini, ia sudah nyaman bersama Timnas Indonesia dan kerap menjadi andalan Shin Tae-yong.

Sementara itu, Elkan kemungkinan besar akan tampil dalam dua leg di final Piala AFF 2020. Pertandingan leg pertama akan digelar pada Rabu (29/12/2021) pukul 19.30, kemudian leg kedua akan dihelat pada Sabtu (1/1/2022) mendatang.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1568 seconds (0.1#10.140)