Selena Piek Awalnya Kecewa Olimpiade Ditunda, Akhirnya Menikmati

Rabu, 10 Juni 2020 - 11:26 WIB
loading...
Selena Piek Awalnya Kecewa Olimpiade Ditunda, Akhirnya Menikmati
Selena Piek Awalnya Kecewa Olimpiade Ditunda, Akhirnya Menikmati/BWF
A A A
Pemain ganda serbabisa Belanda, Selena Piek sangat menantikan Olimpiade Tokyo sebelum meluasnya pandemi Covid-19 yang memaksa bulu tangkis mati suri. Piek dan pasangan ganda campuran Robin Tabeling sedang onfire dengan meraih kemenangan yang mengesankan selama beberapa bulan terakhir; musim ini melihat mereka menumbangkan tidak kurang dari juara dunia Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong dalam perjalanan mereka ke perempat final di All England.

Awalnya, Piek kecewa dengan penundaan Olimpiade , tetapi sejak itu ia mulai menghargai efek positif dari penguncian dan jeda sementara dari kompetisi. Bagaimana perasannya? Berikut kutipan dari wawancaranya:

Bagaimana beberapa bulan terakhir setelah All England berakhir?
Ada begitu banyak tekanan sepanjang tahun. Jadi, begitu pertandingan Olimpiade ditunda, saya menjadi tenang dan mencoba menikmati waktu luang ekstra. Tapi tentu saja ini periode yang aneh dan sulit, saya benar-benar sedih Olimpiade ditunda karena Robin dan saya dalam kondisi sangat baik, karena kami telah mengalahkan juara dunia. Tetapi begitu keputusan telah dibuat, kami berusaha memanfaatkannya sebaik mungkin. Saya berusaha menjaga diri agar tetap bugar.



Pusat latihan nasional telah dibuka sejak empat minggu sekarang, tetapi ini adalah minggu pertama kami kembali ke lima sesi bulu tangkis. Dan tentu saja kami membutuhkan pemulihan lagi karena tubuh kami tidak terbiasa dengan benturan. Jadi ini adalah minggu pertama saya kembali ke jadwal normal saya. Tapi kami tidak diizinkan bermain ganda, saya belum pernah bermain ganda sejak All England.

Bagaimana Anda bisa melewati masa penguncian?
Bulan pertama setelah All England adalah penguncian total, dan beberapa minggu lagi setelah itu juga. Saya cukup beruntung ... seorang teman memiliki gym sendiri, dan kami bisa berlatih di sana tiga kali seminggu. Selama tiga minggu pertama, saya membuat diri saya sibuk berlari dan kami juga punya program pasukan nasional.

Setelah itu saya menemukan beberapa rutinitas dengan gym, karena sulit untuk menjaga motivasi jika Anda tidak dapat melakukan gym atau bulu tangkis. Itu bekerja dengan cukup baik. Saya merasa masih bisa mempertahankan kebugaran dan kekuatan. Satu atau dua minggu pertama Anda bersemangat karena Anda memiliki begitu banyak waktu luang, dan saya memiliki sepeda balap dan saya pergi bersepeda dan berlari. Kami beruntung bahwa cuacanya bagus di Belanda.

Apa arti istirahat ini bagi Anda?
Alasan mengapa kami mendapat istirahat ini menyedihkan, tapi ... Aku merasa lebih tenang dengan diriku sendiri. Saya berada di bawah banyak tekanan. Menyenangkan berada di rumah saya sendiri selama lebih dari tiga minggu berturut-turut untuk sekali. Juga, saya perhatikan bahwa Anda dapat lebih menikmati hal-hal kecil.

Saya benar-benar dapat menikmati kopi pertama saya di pagi hari, ketika saya mendengar burung-burung datang. Anda tahu, hal-hal kecil itu. Saya sangat menikmati berjalan di alam dan sendirian. Itu sangat bagus. Di sisi lain, itu sulit karena saya tidak diizinkan melihat keluarga dan teman-teman saya.

Tetapi saya tetap berhubungan dengan mereka. Saya menikmati memecahkan teka-teki, seperti teka-teki gambar dan kata. Ada banyak kedamaian mental. Itu sangat bagus. Biasanya saya punya agenda, yang sepenuhnya dihentikan. Semuanya berputar di sekitar bulu tangkis dan pertunjukan. Dan kali ini, satu-satunya hal yang harus saya lakukan adalah menjaga tubuh saya tetap bugar. Saya sangat menikmati berjalan-jalan, menikmati alam, dan mendapatkan kopi. Saya memasukkannya ke dalam rutinitas saya. Saya menemukan diri saya rutin baru, dan itu membantu saya melewati hari-hari dan menikmatinya.

Apakah Anda menjadi orang yang berbeda? Sedikit, ya. Saya lebih tenang dengan diri saya sendiri. Saya menikmati pelatihan lebih banyak dari sebelumnya. Dan mungkin saya bahkan semakin bugar karena kami memiliki blok pelatihan yang lebih panjang dan biasanya Anda tidak dapat memilikinya. Saya lebih stabil, lebih seimbang. Saya menemukan kelebihan saya pada periode ini. Dan bagi saya itu sangat penting. Jika saya seimbang, saya orang yang lebih baik (tertawa).

Yang penting adalah Anda aman, keluarga Anda aman. Saya memberkati diri sendiri dengan apa yang saya miliki. Saya memiliki rumah yang indah, saya diizinkan pergi ke luar, jadi saya belum mengalami periode ini sebagai hal yang buruk.

Selena Piek Awalnya Kecewa Olimpiade Ditunda, Akhirnya Menikmati


Anda bilang Anda sudah mulai lebih menikmati bulu tangkis. Apakah Anda merasakan pendekatan Anda terhadap permainan akan berubah juga?
Tidak, kurasa tidak. Karena orang sangat berbasis rutin. Setelah kami kembali ke kehidupan normal, dibutuhkan dua-tiga minggu dan Anda akan kembali normal. Itu akan sama. Anda tidak harus banyak berubah. Satu-satunya hal yang dapat berubah adalah perspektif dari pelatih. Secara pribadi, bagi saya, istirahat itu penting. Lebih banyak kedamaian, lebih banyak ketenangan, daripada terburu-buru segalanya. Mungkin itu yang akan saya ambil dari ini, bahwa tidak buruk untuk mendorong jeda kadang-kadang.

Apakah Anda harus mengerjakan ulang rencana jangka panjang Anda?
Sedikit. Saya tidak 100 persen yakin bahwa saya akan melanjutkan (setelah Olimpiade pada 2020). Jika saya membuat Olimpiade, saya akan melakukannya, tetapi saya juga bisa membayangkan bahwa jika saya tidak melakukan pemotongan, itu akan menjadi perjuangan untuk kembali. Hal-hal terlihat bagus untukku, terutama dalam campuran.

Jadi saya pikir saya akan berpikir setelah Olimpiade; sekarang satu setengah tahun ekstra. Dan itu dalam olahraga bisa membuat perbedaan besar. Dan saya juga harus berpikir apakah akan melanjutkan dua acara. Bisa jadi, saya harap begitu. Ini juga bisa menjadi sulit secara mental bagi mereka. Baik untuk mengalaminya sekarang, Anda bisa mulai berpikir tentang pensiun, misalnya. Karena semua orang akan pensiun pada titik tertentu. Ini dapat membantu beberapa orang untuk memikirkannya. Kita semua tahu mungkin ada lubang hitam ketika kita akan berhenti.

Apakah Anda beralih ke hobi selama penguncian?
Saya banyak memasak, tetapi kemudian saya suka memasak. Saya juga memasak untuk sahabat saya. Ada koki ini, dia memposting resep berbeda setiap hari di Instagram, jadi setiap minggu saya mencoba resep baru dan saya memasak untuknya. Itu sangat bagus. Saya punya banyak waktu untuk bereksperimen di dapur. Saya memainkan banyak teka-teki. Dan saya melakukan lebih banyak lari, saya naik sepeda lebih banyak. Saya mengalami cintaku pada alam. Saya sudah tahu saya cukup baik untuk sendirian.

Apakah Anda pernah merasa tidak bisa melakukannya tanpa bulu tangkis?
Saya cukup bagus tanpa bulu tangkis. Juga, ketika saya pergi berlibur, bukan berarti saya merasa harus kembali ke pengadilan. Mungkin dengan cara itu, saya bisa melihat sisi positif dari kuncian. Tentu saja saya rindu bulu tangkis dan saya rindu dalam rutinitas, tetapi saya juga menemukan banyak aspek lain di luar bulu tangkis yang begitu indah. Saya sangat suka bulu tangkis, tetapi saya juga bisa melihat dunia di sekitarnya. Jadi bagi saya itu bukan segalanya berputar di sekitar bulu tangkis, tidak lagi.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1078 seconds (0.1#10.140)