Detail Menyiapkan Tim, Kunci Shin Tae-yong Bikin Indonesia Tampil Bagus

Rabu, 12 Januari 2022 - 06:02 WIB
loading...
Detail Menyiapkan Tim, Kunci Shin Tae-yong Bikin Indonesia Tampil Bagus
Pelatih Shin Tae-yong mengungkap rahasia bagaimana meracik timnas Indonesia yang enak ditonton/Foto/PSSI
A A A
JAKARTA - Penampilan impresif tim nasional (timnas) Indonesia di Piala AFF 2020 menyedot perhatian penggila sepak bola. Pelatih Shin Tae-yong mengungkap rahasia bagaimana dia bisa meracik tim yang enak ditonton.

Shin Tae-yong mampu membuat skuat Garuda tampil memukau ketika berlaga di Piala AFF 2020. Pelatih asal Korea Selatan itu mengakui bahwa dirinya sangat detail dalam menyiapkan tim. Persiapan detail itu membuat tim lebih disiplin.



Timnas Indonesia memang menjadi salah satu negara yang memiliki kualitas pemain sepak bola yang cukup baik di Asia Tenggara. Tentu saja hal tersebut tidak bisa didapatkan secara instan dan diperlukan kedisiplinan yang sangat baik.

Shin Tae-yong ditunjuk menjadi pelatih timnas Indonesia pada awal 2020 silam. Kini, pelatih berusia 51 tahun itu mampu mengantarkan Indonesia ke partai final Piala AFF 2020 bermodalkan pemain muda yang belum memiliki banyak pengalaman.



Tentu saja keberhasilan tersebut tidak dapat begitu saja didapatkan oleh Timnas Indonesia, Shin mengakui bahwa dirinya sangat detail dalam melatih skuad Garuda agar terus mendapatkan hasil terbaik di setiap pertandingan.

“Memang saya sangat-sangat detail tentang apa saja yang harus dipersiapkan atau apapun untuk melatih, apa saja,” ujar Shin Tae-yong pada podcast Close The Door miliki Deddy Corbuzier, Selasa (11/1/2022).

Meski begitu, Shin menegaskan bahwa dirinya hanya memperhatikan para pemain Indonesia secara detail di lapangan saja. Shin mengatakan dirinya tidak begitu mempermasalahkan kebiasaan para pemain di luar lapangan.

“Kalau di luar lapangan sih tidak begitu masalah,” pungkas Shin-Tae-yong dalam podcast tersebut.

“Tetapi kalau di dalam lapangan seperti dari cara berpakaiannya, dan memberi materi latihannya seperti apa itu pasti detail,” tukasnya.

Nama Shin Tae-yong menjadi dikenal secara luas saat melatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018. Meski harus tersingkir di babak penyisihan grup, Korea Selatan mampu mengalahkan juara bertahan, Jerman, dengan skor 2-0.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1664 seconds (0.1#10.140)