Pemain Indonesia Banyak Berkarier di Luar Negeri, Kurniawan: Mental Mereka Lebih Jadi!

Kamis, 13 Januari 2022 - 12:50 WIB
loading...
Pemain Indonesia Banyak Berkarier di Luar Negeri, Kurniawan: Mental Mereka Lebih Jadi!
Kurniawan Dwi Yulianto memberikan dukungan penuh kepada para pemain yang ingin memoles kemampuannya dengan berkarier di luar negeri
A A A
JAKARTA - Kurniawan Dwi Yulianto memberikan dukungan penuh kepada para pemain yang ingin memoles kemampuannya dengan berkarier di luar negeri. Menurutnya, mental pemain Indonesia akan tertempa dengan matang jika bermain di negeri orang.

“Kalau bicara pemain yang bermain di luar, saya sangat mendukung, apalagi anak-anak muda, karena saya sendiri merasakan bagaimana hidup di luar sendiri. Bagi saya, para pemain dititipkan di negara manapun, tapi sendiri, karena menurut saya mereka akan lebih jadi mentalnya,” kata Kurniawan dikuti dari Youtube Akurasi TV, Kamis (13/1/2022).

Kurniawan menambahkan, pemain muda akan semakin matang jika hidup mandiri di negeri orang. Karena mereka akan dilatih dengan tekanan dan tuntutan sebagai seorang atlet profesional seorang diri.

BACA JUGA: Target Besar Kurniawan Dwi Yulianto di FC Como: Dapat Lisensi UEFA Pro

“Akan terbentuk mentalnya, bagaimana dia memanage dirinya sendiri, bagaimana mereka menjaga makan, menjaga istirahat, memotviasi dirinya ketika gak perform ketika latihan dan pertandingan, tuntutan dari manajemen dan suporter,” katanya.

Berbicara mengenai porsi latihan di klub luar, Kurniawan menjelaskan biasanya diperlakukan sebagaimana pertandingan nyata. Mereka tidak main-main ketika menjalani sesi latihan.

BACA JUGA: Raffi Ahmad Batal Kontrak Mesut Ozil, Pengikut Luis Milla: Welcome di RANS Cilegon FC

Ini berbeda dengan pola latihan di Indonesia. Menurut Kurniawan , jika pemain melakukan kesalahan mungkin dianggap biasa. Tetapi ketika di klub luar itu berbeda.

“Di Eropa, saat latihan, jika kita salah, teman kita memakinya begitu, karena mereka menganggap latihan seperti pertandingan, jadi mental mereka akan teruji. Kalau di Indonesia ya mohon maaf, di sini salah ya hal yang biasa. Kalau di sana kan enggak. Mereka sadar bahwa mereka value-nya ya di sepak bola, jadi mereka gak main-main,” pungkas Kurniawan.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1181 seconds (0.1#10.140)