Ketum PSSI Izinkan Shin Tae-yong Tegur Pemain di Depan Rekan-rekannya

Kamis, 13 Januari 2022 - 22:02 WIB
loading...
Ketum PSSI Izinkan Shin Tae-yong Tegur Pemain di Depan Rekan-rekannya
Mochamad Iriawan memberi kebebasan pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong menegakkan kedisiplinan/foto/Ilham Sigit
A A A
JAKARTA - Ketua Umum (Ketum) PSSI Mochamad Iriawan memberi kebebasan pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong menegakkan kedisiplinan. Iwan Bule -sapaan akrab Mochamad Iriawan- mengizinkan juru taktik asal Korea Selatan itu untuk menegur pemain yang berbuat kesalahan di depan rekan-rekannya.

Iwan Bule mengungkapkan bahwa sempat ada miskomunikasi perihal menegur pemain yang berbuat kesalahan di lapangan. Namun, masalah itu menemui jalan keluar setelah diadakan pertemuan.



Hal itu diungkapkan Iwan saat meninjau laga uji coba timnas Indonesia wanita versus Persib Bandung wanita di Stadion Madya, Senayan, Kamis (13/1/2022).

Sebelum bertolak ke Senayan, Iwan mengadakan rapat dengan Shin Tae-yong untuk mengevaluasi timnas Indonesia pada ajang Piala AFF 2020 silam.



Iwan pun menyampaikan hal apa saja yang dibahas pada rapat tersebut. Salah satunya yakni perihal miskomunikasi pemahaman Shin Tae-yong terkait budaya di Indonesia.

“Berkaitan tentunya masalah hasil kemarin, kenapa bisa menang melawan Malaysia, kenapa menang melawan Singapura? Kenapa kalah dari Thailand dengan skor 0-4 dan imbang 2-2 di leg kedua,” kata Iwan kepada awak media, Kamis (13/1/2022).

“Tadi juga masalah pemahaman beliau yang kalau menegur pemain itu gak boleh di depan umum. Padahal kan tidak, kita boleh saja kalau ada pemain yang salah, disampaikan di depan pemain lain agar pemain lain tahu,” sambungnya.

Namun, Iwan mewajarkan miskomunikasi tersebut. Pria berusia 59 tahun itu mengatakan bahwa perkara tidak boleh menegur pemain di depan umum memang budaya di Indonesia.

“Saya bilang ‘silahkan saja’, contohnya ketika ada pemain yang salah lawan Thailand, disampaikan saja di depan teman-temannya, agar teman-temannya mengerti,” sambungnya.

Usai rapat tersebut, Shin Tae-yong langsung terbang ke Bali. Selain untuk mempersiapkan Piala AFF U-23 dan FIFA Matchday, pelatih asal Korea Selatan itu akan menyaksikan laga Liga 1 dengan tujuan mencari pemain berkualitas untuk Timnas Indonesia pada ajang FIFA Matchday dan Piala AFF U-23.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1978 seconds (0.1#10.140)