Haruna Soemitro Sebut Shin Tae-yong Pelatih Gagal, Netizen Pasang Badan

Senin, 17 Januari 2022 - 11:27 WIB
loading...
Haruna Soemitro Sebut Shin Tae-yong Pelatih Gagal, Netizen Pasang Badan
Anggota Komite Eksekutif PSSI, Haruna Soemitro dihujani kritikan lantaran menyebut Shin Tae-yong gagal memberikan prestasi yang diinginkan bagi Indonesia. Foto: PSSI
A A A
JAKARTA - Anggota Komite Eksekutif PSSI, Haruna Soemitro dihujani kritikan lantaran menyebut Shin Tae-yong gagal memberikan prestasi yang diinginkan bagi Indonesia. Dia juga menyatakan komunikasi antara PSSI dengan pelatih asal Korea Selatan itu mengalami 'deadlock'.



Itu disampaikan Haruna saat melakukan podcast dengan salah satu media di Indonesia di YouTube. Saat itu dia menyebut Shin sebagai pelatih gagal karena tidak bisa membawa skuad Garuda menjuarai Piala AFF 2020.

Haruna menilai Shin sama seperti pelatih Indonesia lainnya yang juga hanya bisa menjadi runner-up di turnamen sepak bola se-Asia Tenggara itu.

Terlebih di final Piala AFF 2020, Indonesia kalah aggregat 2-6 dari Thailand. "Kalau prestasinya (Shin Tae-yong) hanya runner-up, ya apa bedanya dengan yang kemarin (pelatih sebelumnya)," kata Haruna.

Haruna mengakui Shin tersinggung dengan respons Exco PSSI dalam rapat evaluasi terkait hasil Indonesia di Piala AFF 2020. Sebab, saat itu disebutkan tim Merah Putih sudah biasa jadi runner-up Piala AFF.

"Tersinggungnya itu bisa dibilang begini, Indonesia itu kalau hanya runner-up sudah biasa. 'Sebelum Anda itu (Indonesia) sudah lima kali jadi runner-up'. Ya ada atau tidak adanya Shin Tae Yong itu prestasi tertinggi kita itu runner-up," ucapnya.

Menurut Haruna, pencapaian Witan Sulaeman dkk di Piala AFF 2020 itu berbeda dengan ekspektasi publik Tanah Air. Sebab, Shin yang diharapkan bisa membantu Indonesia meraih gelar juara untuk pertama kalinya.

Haruna membandingkan ketika Shin akan menggantikan Luis Milla. Pada masa itu, suporter Indonesia ramai mendesak PSSI mempertahankan pelatih asal Spanyol tersebut karena dianggap bisa memberikan prestasi bagi Timnas Indonesia.

"Kalau prestasinya hanya runner up ya apa bedanya dengan yang kemarin [pelatih sebelumnya]. Lebih-lebih kemarin ada yang ngomong, apa bedanya dia dengan Simon [McMenemy]. Simon juga maksimalnya runner-up. Itu mungkin yang buat dia tersinggung," kata Haruna.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1460 seconds (0.1#10.140)