Pemain Keturunan Indonesia Berdarah Semarang, Minta Bantuan Netizen untuk Jadi WNI

Selasa, 18 Januari 2022 - 13:28 WIB
loading...
Pemain Keturunan Indonesia Berdarah Semarang, Minta Bantuan Netizen untuk Jadi WNI
Pemain Keturunan Indonesia Berdarah Semarang, Minta Bantuan Netizen untuk Jadi WNI/Instagram
A A A
Pemain keturunan Indonesia berdarah Semarang, Matthew Steenvoorden ingin menjadi WNI. Sayangnya, dia masih belum mendapatkan info jelas bagaimana caranya menjadi WNI. Karena itu, dia meminta bantuan netizen Indonesia .

Matthew memiliki darah Indonesia dari kakeknya. Kakeknya adalah orang asli Semarang yang pindah ke Belanda. Matthew jelas merupakan pemain keturunan Indonesia yang berpeluang membela timnas Indonesia.Matthew kini bermain di Kroasia.

Dia bermain di klub HNK Gorica. HNK Gorica adalah klub di divisi teratas Liga Kroasia. Musim lalu, Matthew membawa HNK Gorica finish di peringkat ke-5. Matthew memainkan 10 pertandingan di musim lalu.



Untuk menjadi WNI, Matthew harus memenuhi beberapa syarat yang harus dipenuhi. Jika memang Matthew bisa membuktikan bahwa kakeknya adalah kelahiran Semarang, Indonesia, maka dia bisa langsung menjadi WNI dan bisa langsung membela timnas Indonesia.

Namun, jika dia tidak bisa membuktikan bahwa dia keturunan Indonesia, maka Matthew harus tinggal setidaknya 3 tahun di Indonesia untuk mendapatkan status WNI. Dan untuk bisa membela timnas Indonesia, dia harus tinggal di Indonesia minimal 5 tahun.

Maka, inilah mungkin yang menjadi faktor yang membuat Matthew kesulitan mendapatkan paspor Indonesia saat ini. Dia masih berpaspor Belanda saat ini. Dia sudah beberapa kali mencoba pindah paspor namun masih kesulitan.

Matthew bahkan sampai meminta bantuan ke netizen Indonesia agar bisa menjadi WNI. Hal ini tentu tidak mudah walaupun Matthew memiliki darah Indonesia. Netizen Indonesia hanya bisa memberikan saran, namun tidak memproses keinginan Matthew secara hukum.



Matthew adalah pemain bertahan jebolan akademi Excelsior Rotterdam. Kemudian dia pindah ke Feyenord Rotterdam pada tahun 2021 di usia 19 tahun. Kemudian dia pindah ke FC Dordrecht pada tahun 2015. Lalu, dia pindah SC Cambuur pada tahun 2016.Matthew baru pindah ke Liga Kroasia pada tahun 2019.

Dia pindah ke klub HNK Gorica. Dia sukses membawa HNK Gorica finish di peringkat 5 di musim 2019 dan sudah menjadi pemain penting disana.Sangat menarik apakah Matthew Steenvoorden akan menjadi pemain timnas Indonesia. Walaupun dia memiliki darah Indonesia, dia harus membuktikan bahwa kemampuannya layak untuk membela timnas Indonesia yang sangat merindukan gelar juara saat ini.

Saingan terberatnya dari sisi pemain keturunan Indonesia ada nama-nama seperti Elkan Baggott, Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Kevin Diks. Matthew harus membuktikan bahwa dia bisa bersaing dengan mereka dan tentunya pemain lokal Indonesia seperti Fachruddin Aryanto, Ryuji Utomo, dan Alfeandra Dewangga.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1895 seconds (0.1#10.140)